Friday 23 April 2010

Memilih Domain Toko Online


Melalui website, Anda bisa melakukan jejak pendapat (polling) dan survei kepada para pengunjung untuk mencari tahu apa yang sebenarnya mereka ingingkan, sehingga Anda bisa meningkatkan kualitas pelayanan atau produk Anda sesuai dengan kebutuhan pasar, yang akan mengakibatkan meningkatnya penjualan Anda. Selain itu, dari data statistik website bisa didapatkan informasi umum mengenai pengunjung website Anda, misalnya website Anda ramai dikunjungi oleh warga negara mana saja, pada hari dan jam apa saja. salah satu pintu gerbang agar peselancar internet dapat meng-click toko online kita adalah nama domain yang menarik. Memilih nama domain adalah sesuatu yang perlu dipikirkan secara matang. Nama domain yang menarik akan membuat mudah diingat oleh para pengunjung situs online.

Nama domain bisa saja sama dengan nama produk Anda atau nama Anda sendiri. Menurut seorang Netpreneur Rachmad Igen, ada beberapa poin yang harus diperhatikan dalam memilih nama domain:
1.    Singkat
Netpreneur, sebaiknya Anda menggunakan nama domain yang singkat dan mudah diingat oleh orang lain. Dengan nama yang mudah dan singkat, calon pelanggan Anda mudah mengingat. Sehingga mereka tinggal menuliskan alamat atau nama domain di kolom address web atau mudah mencari melalui search engine seperti Google.

2.    Mudah Dieja
Nama domain yang singkat belum tentu mudah dieja. Agar peselancar internet tak kesulitan mengetik alamat atau nama domain, sebaiknya Anda pilih nama domain yang mudah dibaca karena padanan hurufnya lazim untuk dibaca.

3.    Relevan
Nama domain yang sama dengan nama produk Anda akan lebih menguntungkan. Calon pelanggan akan lebih mengingat produk dan tercipta brand awareness. Selain itu, nama domain bisa jadi istilah yang memang dekat serta punya hubungan kuat dengan konten website Anda. Misalnya, www.netpreneur.co.id yang membahas segala hal yang berkaitan dengan entrepreneur di dunia online.

4.    Ekstensi Internasional
Gunakan ekstensi internasional seperti .com agar produk atau perusahaan Anda tidak diasosiasikan sebagai website pribadi, negara maupun organisasi. Anda juga bisa menggunakan ekstensi .co.id agar mudah teridentifikasi sebagai toko online asal negara Indonesia.

Dengan menggunakan email sebagai media komunikasi, Anda bisa menurunkan biaya mencetak (print) dan biaya pengiriman dokumen tercetak seperti surat. Namun penurunan biaya tersebut bukannya memperlambat malah mempercepat proses surat-menyurat Anda, dikarenakan email hanya memerlukan waktu hitungan detik untuk sampai ke tujuan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.