Friday 26 April 2013

Bagaimana Mengedit Foto Produk Melalui Kamera Ponsel


Tidak membutuhkan tenaga ahli di bidang fotografi untuk menghasilkan foto produk berkualitas baik. Kamera yang digunakan untuk memotret foto produk pun tidak perlu berjenis DSLR. Penjual online dapat menggunakan kamera ponsel yang dimilikinya untuk menghasilkan foto produk yang baik, asalkan ia tahu teknik menyunting atau menyedit foto produk sebelum diunggah di toko online-nya.
Di samping memahami Anda perlu mengetahui kaidah-kaidah dasar fotografi saat mengedit foto produk. Lisbeth Ortega, ahli fotografi di sebuah situs jual-beli internasional, menyebutkan beberapa tips mengedit foto produk sebelum dicantumkan di toko online.

Yang menarik, Anda tidak perlu memiliki keterampilan menggunakan perangkat lunak photo editing. Aplikasi foto yang Anda miliki di smartphone Anda sudah lebih dari cukup untuk mengedit foto produk.
  1. Pertajam gambar Fitur mempertajam foto atau sharpen membuat gambar menjadi lebih jelas. Mempertajam foto menonjolkan detil kondisi fisik produk yang ingin dilihat oleh pembeli. Semakin jelas Anda menampilkan produk dalam foto, semakin tertarik pembeli berbelanja di toko online Anda. Selain itu, Anda tidak perlu direpotkan oleh pertanyaan pembeli sebab produk sudah terlihat dengan jelas dalam foto.
  2. Sesuaikan komposisi warna Aturlah komposisi warna dalam gambar sehingga foto produk menjadi jelas dan menarik. Perhatikan kadar terang dan gelap dalam foto. Jika foto dipotret dengan pencahayaan yang kurang, perjelas gambar dengan meninggikan kadar terang. Begitu pula sebaliknya. Perhatikan pula komposisi saat produk yang Anda potret berwarna-warni. Atur kadar pewarnaan dalam foto sehingga unsur colorful tersebut bisa ditonjolkan dengan baik.
  3. Rotate and crop Dua teknik ini berguna saat foto produk berada pada posisi miring atau dipotret dari kejauhan. Namun pada beberapa kasus, produk akan terlihat lebih dinamis seandainya ditampilkan dengan sudut kemiringan tertentu. Di sinilah gunanya Anda menggunakan teknik rotate and crop. Teknik ini membantu Anda saat menyesuaikan tampilan terbaik yang sesuai dengan produk Anda.
  4. Tambahkan bingkai Meskipun tidak wajib, menambahkan bingkai atau frame menciptakan kesan rapi dalam foto produk. Yang perlu Anda ingat, gunakanlah pilihan frame yang memang sesuai dengan produk Anda. Desain frame yang sederhana cocok untuk foto produk. Hindari menggunakan desain frame yang terlalu “ramai”, berwarna-warni, atau penuh dengan simbol-simbol yang tidak relevan dengan produk.
  5. Bubuhi watermark Tulisan bening yang terkesan menghalangi foto atau biasa disebut watermark bisa menjadi signature toko online Anda. Selain untuk meminimalisir kemungkinan foto Anda digunakan di toko online lain, watermark dapat memperkuat brand awareness nama toko online Anda di mata konsumen. Pembeli tidak perlu membaca deskripsi produk dengan lengkap hanya untuk mengetahui nama toko online Anda. Hanya dengan melihat foto produk yang diberi watermark bertuliskan nama toko online, konsumen tahu di mana harus berbelanja produk yang fotonya sedang ia lihat tersebut.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.