Persaingan yang sangat ketat selama delapan jam dalam satu hari. Akan
menurun 90% ketika kita bersedia bekerja satu jam lebih lama. Membuat
halaman di Facebook yang dikhususkan sebagai sarana pertemuan antara
buyer dan seller semakin banyak dilakukan.Gagasan dan teknik yang
baik, tidak mempertimbangkan siapa yang mengusulkannya. Semua
karyawan seharusnya mampu melayani pelanggan dalam segala sesuatu.
Selain itu, halaman Facebook tersebut juga dapat digunakan sebagai
alat promosi produk yang dijual oleh seller dan membangun hubungan
kuat dengan buyer.
Pengharapan yang tidak realistis merupakan benih depresi. Pengusaha
yang memiliki hubungan erat dengan Tuhan pasti kecipratan sukses.
Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka
mendatangkan kekurangan saja. Beberapa hal bisa di-post di Facebook
oleh seller. Selain aktif posting, sebaiknya seller harus bisa
mengatur atau memonitor post yang telah ia buat. Misalnya, jika ada
komentar dari fans atau customer, seller harus memberikan
feedback-nya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menanggapi
komentar customer di media sosial Facebook.
Bagi para produsen hal berikut ini perlu dikalkulasi secara matang,
sebelum anda mulai berproduksi: Quality – Cost – Delivery.
- Anggaplah para konsumen yang berkunjung sebagai teman dan keluarga
Jangan menjadi pemikir “seandainya”, jadilah pemikir
“bagaimana”.Ingat!!! Pelanggan tidak suka menunggu. Seorang
seller juga berfungsi sebagai customer service. Setiap ada interaksi
yang dibuat oleh buyer sebaiknya selalu direspon dengan waktu yang
relative singkat. Anggap lah buyer sebagai teman. Posisikan diri
seller sebagai orang yang merespon komentar dari temannya.Dalam
bisnis, komunikasi sangat penting, komunikasi yang tidak lancar akan
menciptakan kerugian. Artinya, setiap komentar dari buyer sebaiknya
direspon dengan sentuhan personal. Sehingga, buyer tak merasa sedang
berbicara atau berinteraksi dengan komputer atau robot.
- MENJADIKAN DIRI KITA SEBAGAI PENGGEMAR PARA KONSUMEN
Bersikaplah fleksibel dan toleran terhadap orang lain, juga terbuka
bagi gagasan baru tanpa harus bersikap kompromi terhadap
prinsip-prinsip dasar. Selain menganggap komentar customer adalah
komentar teman, seller juga sebaiknya memosisikan diri sebagai buyer
tersebut. Lalu, mencari tahu, mengapa buyer tersebut sampai bisa
berkomentar seperti itu, apa alasannya, dan jawaban atau respon apa
yang kira-kira diinginkan oleh buyer tersebut. Termasuk juga di
dalamnya, pertanyaan seberapa cepat respon yang diekspektasikan oleh
buyer.Jika anda menjaga kesehatan anda, sesuatu yang terbaik akan
anda alami. Jika kita tidak menetapkan tujuan, kita tidak akan
meraihnya walaupun kesempatan terbuka.
Setelah menemukan jawabannya, terapkan hal tersebut dalam menanggapi
komentar buyer.
Rasa optimis yang sesungguhnya mempunyai alasan untuk berkeluh kesah,
tetapi tetap memilih untuk tersenyum.
- JANGAN TERLALU MENGUMBAR PERASAAN DENGAN MENJAWAB SEMUA KOMENTAR DARI KONSUMEN
Jangan menghabiskan waktu untuk saling menyalahkan, bereskan
masalahnya,Orang yang memiliki komitmen untuk meraih tujuan adalah
orang yang akan dapat meraihnya. Bisnis artinya kepercayaan, Tidak
ada yang lebih mahal dari pada itu. Dukunglah organisasi Anda, atau
bekerjalah dalam sebuah organisasi yang dapat Anda dukung.Tidak semua
interaksi perlu direspon oleh seller. Terutama, komentar-komentar
yang di-post oleh buyer atau customer halaman Facebook seller.
Penjual cukup menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh
customer. Misalnya, pertanyaan seputar stok produk, jenis produk,
ataupun hal-hal yang memang berhubungan dengan bisnis online yang
dijalankan oleh seller.
Seller tak perlu menjawab semua komentar-komentar yang berisi pujian
atau review positif dari customer. Katakan terima kasih dan
pernyataan bahwa seller juga merasa senang di beberapa komentar sudah
dinilai cukup. Komentar yang tak dijawab cukup dibubuhi like saja.
Antusiasme kadang-kadang harus disertai dengan pengarahan.Bisnis
artinya tindakan yang saling membutuhakan antara penjual dan pembeli.
Bertindaklah sebagai pemberi solusi, bukan berputusan pada
masalah.Untuk menjangkau tujuan, raihlah dengan beberapa tahap.Dengan
respon seperti itu, fans atau customer akan merasa opini atau
komentarnya dihargai. Selain itu, jika komentar-komentar dari
customer dapat di-maintain dengan baik, maka halaman Facebook dan
posts yang ada di dalamnya bisa berubah menjadi forum diskusi antara
buyer dengan buyer maupun seller dengan buyer. Dari forum ini, seller
bisa mendapatkan perspektif atau pandangan baru tentang produknya
sehingga dapat membuat evaluasi strategi di kemudian hari.Jika orang
menyukai Anda, mereka akan mendengarkan Anda. Jika mereka mempercayai
Anda, mereka akan menjalin kerjasama dengan Anda.
- Memberikan apresiasi kepada mereka yang layak
Miliki suara yang tenang dan meyakinkan.Rangkailah hal-hal kecil yang
anda lakukan akan menentukan apakah anda telah melangkah maju atau
mundur. Hasil orang benar adalah pohon kehidupan yang berbuah lebat.
Bisnis artinya kita tidak boleh “one man show” kalau mau sukses
besar. Seller juga bisa memberikan penghargaan kepada
komentar-komentar buyer yang dinilai cukup kreatif dan berisi konten
yang berkualitas. Seller bisa mengambil salah satu atau beberapa
komentar yang dianggap bagus dan kreatif lalu mengubahnya ke dalam
bentuk ilustrasi. Setelah itu, ilustrasi tersebut di-post kembali di
halaman Facebook seller.Berikan kasih, bimbingan dan perhatian setiap
hari kepada anak-anak agar dapat bertumbuh dengan baik dalam dunia
yang penuh kejahatan ini.
Ini bisa berdampak positif bagi buyer atau customer. Sebab, buyer
akan merasa opininya dihargai oleh seller dan kedekatan emosional
akan semakin kuat terbangun di antara buyer dan seller. Selain
itu,Humor adalah salah satu alat mengajar yang terbaik didalam hidup
kita. ilustrasi tersebut bisa jadi portfolio atau ‘halaman
rekomendasi’ bagi seller. Ada lebih dari 4 miliar orang di dunia
ini yang haus akan kata-kata penghargaan yang tulus.
- Rata – rata konsumen cukup Cerdas untuk memilih mana yang baik untuk mereka
Apabila
seorang anak hidup dengan pujian, dia akan belajar untuk memberikan
penghargaan. Akan ada saatnya didalam hidup ini ketika Anda melakukan
apa yang seharusnya, sedangkan orang lain yang akan menikmati
hasilnya. Itulah kehidupan.Ketika anda membagi sasaran menjadi
bagian-bagian kecil dan mulai mengatur waktu anda, maka sesuatu akan
segera terjadi. Ketika rintangan muncul, putarlah haluan Anda untuk
mencapai tujuan, bukan keputusan Anda untuk meraihnya. Jika halaman
Facebook seorang seller sudah cukup populer dan nominal angka
fans-nya sudah besar, ada kemungkinan beberapa oknum yang hendak
mengambil peluang tersebut. Salah satunya dengan cara berpromosi di
thread atau post yang sedang aktif dikomentari oleh banyak orang.
Promosi yang dilakukan oleh orang itu tentu bukan mempromosikan
produk yang dijual oleh seller. Tetapi, produk atau jasa yang dijual
oleh si oknum tersebut.Melihat kembali ke masa lalu akan sangat
berarti apabila anda belajar sesuatu darinya.Hanya
anda seorang di muka bumi ini yang dapat menggunakan kemampuan
anda.Ketika
anda tidak ada keinginan lagi untuk mendapatkan yang lebih baik, anda
akan segera menjadi tidak baik.
Seller
tak perlu menghapus satu demi satu hasil spamming dari oknum
tersebut. Buyer atau customer cukup cerdas untuk memilah dan memilih
mana konten atau post yang baik dan penting untuk dibaca.Iman membuka
pintu bagi inspirasi, dan pengharapan mendorong munculnya
aspirasi.Orang yang setengah hati selalu menjadi orang
yang tidak pernah melakukan sesuatu.Orang tidak akan tetap tegak
karena kefasikan, tetapi akar orang benar tidak akan goncang.Selalu
temukan
sesuatu yang positif dari situasi negatif yang kita hadapi.
No comments:
Post a Comment
Silahkan anda berbagi di sini ....???
Note: only a member of this blog may post a comment.