Monday 21 June 2010

Balas Coment and Like di Facebook dan Tweter Sebagai sarana komunikasi dengan pembeli

Persaingan yang sangat ketat selama delapan jam dalam satu hari. Akan menurun 90% ketika kita bersedia bekerja satu jam lebih lama. Membuat halaman di Facebook yang dikhususkan sebagai sarana pertemuan antara buyer dan seller semakin banyak dilakukan.Gagasan dan teknik yang baik, tidak mempertimbangkan siapa yang mengusulkannya. Semua karyawan seharusnya mampu melayani pelanggan dalam segala sesuatu. Selain itu, halaman Facebook tersebut juga dapat digunakan sebagai alat promosi produk yang dijual oleh seller dan membangun hubungan kuat dengan buyer.
Pengharapan yang tidak realistis merupakan benih depresi. Pengusaha yang memiliki hubungan erat dengan Tuhan pasti kecipratan sukses. Dalam tiap jerih payah ada keuntungan, tetapi kata-kata belaka mendatangkan kekurangan saja. Beberapa hal bisa di-post di Facebook oleh seller. Selain aktif posting, sebaiknya seller harus bisa mengatur atau memonitor post yang telah ia buat. Misalnya, jika ada komentar dari fans atau customer, seller harus memberikan feedback-nya. Berikut ini adalah beberapa tips dalam menanggapi komentar customer di media sosial Facebook.
Bagi para produsen hal berikut ini perlu dikalkulasi secara matang, sebelum anda mulai berproduksi: Quality – Cost – Delivery.
  • Anggaplah para konsumen yang berkunjung sebagai teman dan keluarga
Jangan menjadi pemikir “seandainya”, jadilah pemikir “bagaimana”.Ingat!!! Pelanggan tidak suka menunggu. Seorang seller juga berfungsi sebagai customer service. Setiap ada interaksi yang dibuat oleh buyer sebaiknya selalu direspon dengan waktu yang relative singkat. Anggap lah buyer sebagai teman. Posisikan diri seller sebagai orang yang merespon komentar dari temannya.Dalam bisnis, komunikasi sangat penting, komunikasi yang tidak lancar akan menciptakan kerugian. Artinya, setiap komentar dari buyer sebaiknya direspon dengan sentuhan personal. Sehingga, buyer tak merasa sedang berbicara atau berinteraksi dengan komputer atau robot.
  • MENJADIKAN DIRI KITA SEBAGAI PENGGEMAR PARA KONSUMEN
Bersikaplah fleksibel dan toleran terhadap orang lain, juga terbuka bagi gagasan baru tanpa harus bersikap kompromi terhadap prinsip-prinsip dasar. Selain menganggap komentar customer adalah komentar teman, seller juga sebaiknya memosisikan diri sebagai buyer tersebut. Lalu, mencari tahu, mengapa buyer tersebut sampai bisa berkomentar seperti itu, apa alasannya, dan jawaban atau respon apa yang kira-kira diinginkan oleh buyer tersebut. Termasuk juga di dalamnya, pertanyaan seberapa cepat respon yang diekspektasikan oleh buyer.Jika anda menjaga kesehatan anda, sesuatu yang terbaik akan anda alami. Jika kita tidak menetapkan tujuan, kita tidak akan meraihnya walaupun kesempatan terbuka.
Setelah menemukan jawabannya, terapkan hal tersebut dalam menanggapi komentar buyer.
Rasa optimis yang sesungguhnya mempunyai alasan untuk berkeluh kesah, tetapi tetap memilih untuk tersenyum.
  • JANGAN TERLALU MENGUMBAR PERASAAN DENGAN MENJAWAB SEMUA KOMENTAR DARI KONSUMEN
Jangan menghabiskan waktu untuk saling menyalahkan, bereskan masalahnya,Orang yang memiliki komitmen untuk meraih tujuan adalah orang yang akan dapat meraihnya. Bisnis artinya kepercayaan, Tidak ada yang lebih mahal dari pada itu. Dukunglah organisasi Anda, atau bekerjalah dalam sebuah organisasi yang dapat Anda dukung.Tidak semua interaksi perlu direspon oleh seller. Terutama, komentar-komentar yang di-post oleh buyer atau customer halaman Facebook seller. Penjual cukup menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh customer. Misalnya, pertanyaan seputar stok produk, jenis produk, ataupun hal-hal yang memang berhubungan dengan bisnis online yang dijalankan oleh seller.
Seller tak perlu menjawab semua komentar-komentar yang berisi pujian atau review positif dari customer. Katakan terima kasih dan pernyataan bahwa seller juga merasa senang di beberapa komentar sudah dinilai cukup. Komentar yang tak dijawab cukup dibubuhi like saja. Antusiasme kadang-kadang harus disertai dengan pengarahan.Bisnis artinya tindakan yang saling membutuhakan antara penjual dan pembeli. Bertindaklah sebagai pemberi solusi, bukan berputusan pada masalah.Untuk menjangkau tujuan, raihlah dengan beberapa tahap.Dengan respon seperti itu, fans atau customer akan merasa opini atau komentarnya dihargai. Selain itu, jika komentar-komentar dari customer dapat di-maintain dengan baik, maka halaman Facebook dan posts yang ada di dalamnya bisa berubah menjadi forum diskusi antara buyer dengan buyer maupun seller dengan buyer. Dari forum ini, seller bisa mendapatkan perspektif atau pandangan baru tentang produknya sehingga dapat membuat evaluasi strategi di kemudian hari.Jika orang menyukai Anda, mereka akan mendengarkan Anda. Jika mereka mempercayai Anda, mereka akan menjalin kerjasama dengan Anda.
  • Memberikan apresiasi kepada mereka yang layak
Miliki suara yang tenang dan meyakinkan.Rangkailah hal-hal kecil yang anda lakukan akan menentukan apakah anda telah melangkah maju atau mundur. Hasil orang benar adalah pohon kehidupan yang berbuah lebat. Bisnis artinya kita tidak boleh “one man show” kalau mau sukses besar. Seller juga bisa memberikan penghargaan kepada komentar-komentar buyer yang dinilai cukup kreatif dan berisi konten yang berkualitas. Seller bisa mengambil salah satu atau beberapa komentar yang dianggap bagus dan kreatif lalu mengubahnya ke dalam bentuk ilustrasi. Setelah itu, ilustrasi tersebut di-post kembali di halaman Facebook seller.Berikan kasih, bimbingan dan perhatian setiap hari kepada anak-anak agar dapat bertumbuh dengan baik dalam dunia yang penuh kejahatan ini.
Ini bisa berdampak positif bagi buyer atau customer. Sebab, buyer akan merasa opininya dihargai oleh seller dan kedekatan emosional akan semakin kuat terbangun di antara buyer dan seller. Selain itu,Humor adalah salah satu alat mengajar yang terbaik didalam hidup kita. ilustrasi tersebut bisa jadi portfolio atau ‘halaman rekomendasi’ bagi seller. Ada lebih dari 4 miliar orang di dunia ini yang haus akan kata-kata penghargaan yang tulus.
  • Rata – rata konsumen cukup Cerdas untuk memilih mana yang baik untuk mereka
Apabila seorang anak hidup dengan pujian, dia akan belajar untuk memberikan penghargaan. Akan ada saatnya didalam hidup ini ketika Anda melakukan apa yang seharusnya, sedangkan orang lain yang akan menikmati hasilnya. Itulah kehidupan.Ketika anda membagi sasaran menjadi bagian-bagian kecil dan mulai mengatur waktu anda, maka sesuatu akan segera terjadi. Ketika rintangan muncul, putarlah haluan Anda untuk mencapai tujuan, bukan keputusan Anda untuk meraihnya. Jika halaman Facebook seorang seller sudah cukup populer dan nominal angka fans-nya sudah besar, ada kemungkinan beberapa oknum yang hendak mengambil peluang tersebut. Salah satunya dengan cara berpromosi di thread atau post yang sedang aktif dikomentari oleh banyak orang. Promosi yang dilakukan oleh orang itu tentu bukan mempromosikan produk yang dijual oleh seller. Tetapi, produk atau jasa yang dijual oleh si oknum tersebut.Melihat kembali ke masa lalu akan sangat berarti apabila anda belajar sesuatu darinya.Hanya anda seorang di muka bumi ini yang dapat menggunakan kemampuan anda.Ketika anda tidak ada keinginan lagi untuk mendapatkan yang lebih baik, anda akan segera menjadi tidak baik.
Seller tak perlu menghapus satu demi satu hasil spamming dari oknum tersebut. Buyer atau customer cukup cerdas untuk memilah dan memilih mana konten atau post yang baik dan penting untuk dibaca.Iman membuka pintu bagi inspirasi, dan pengharapan mendorong munculnya aspirasi.Orang yang setengah hati selalu menjadi orang yang tidak pernah melakukan sesuatu.Orang tidak akan tetap tegak karena kefasikan, tetapi akar orang benar tidak akan goncang.Selalu temukan sesuatu yang positif dari situasi negatif yang kita hadapi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.