Monday 21 June 2010

Pola Pikir penentu Kesuksesan Berbisnis


Bisnis artinya ciptakan kesan positif, meskipun Ada harga yang harus dibayar
Didalam bisnis Advertisting adalah cara untuk menciptakan Awareness: tolak ukurnya adalah seberapa banyak orang mengenal produk Anda bukan seberapa banyak penjual Anda. Karena untuk sampai tahap itu kasangkala masih dibutuhkan perjalanan yang panjang. situs jual-beli online menjadi media pemasaran terpopuler bagi para penjual yang belum memiliki toko online pribadi. Meskipun hanya mengandalkan keanggotaan di situs jual-beli online, banyak penjual berhasil meraup keuntungan yang terbilang besar. Hal ini wajar, mengingat konsumen yang sering berbelanja online pasti mencari produk ke situs-situs sejenis sebagai referensi. Agar dapat mendulang kesuksesan melalui situs jual-beli online, penjual perlu memiliki pola pikir tertentu. Amy Schroeder, anggota divisi seller handbook sebuah situs jual-beli online internasional, menyebutkan 5 pola pikir yang perlu dimiliki bisnis saat penjual berdagang di situs jual-beli online.
  1. Harapan yang terbaik dari diri Anda dan orang lain. Setiap orang yang tidak mengakui potensi dalam dirinya adalah seorang pencuri. Rasa optimis yang benar adalah sadar terhadap masalah yang akan muncul, tetapi mengetahui solusinya.Bagaimanapun masa lalu Anda, esok hari adalah lembaran putih yang bersih. Jangan lagi dinodai oleh masa lalu.
  1. Bersikap “Santai” di sini berarti penjual harus memiliki kesabaran saat berdagang. Mengingat bahwa kompetitor produk sejenis di situs jual-beli online berjumlah sangat banyak, seorang penjual perlu bersikap sabar. Banyak penjual yang berharap ia akan langsung mendapatkan pembeli dalam hitungan satu-dua hari setelah ia melakukan registrasi di situs jual-beli online. Sama seperti bisnis offline, berdagang di situs jual-beli online membutuhkan waktu untuk menjaring pembeli. Dalam beberapa pekan pertama, ada kemungkinan belum ada pembeli yang mau berbelanja. Namun bukan berarti penjual bisa menyimpulkan bahwa berjualan di situs tersebut tidak efektif. Pada banyak kasus, penjual yang tidak sabar menanti pembeli langsung menonaktifkan akun-nya. Padahal, yang dibutuhkan adalah kesabaran penjual agar merek bisnisnya “dikenal” konsumen.
  1. Motivasi dan pikiran yang positif tidak akan bermanfaat bagi orang yang tidak percaya bahwa merek mampu untuk melakukan segala sesuatu. Penjual dituntut untuk bersikap profesional saat berjualan. Artinya, ia tidak boleh menganggap enteng bisnis online yang dijalaninya. Salah satu wujud profesionalisme penjual adalah dengan menyajikan foto produk yang berkualitas baik. Foto produk yang ditampilkan di situs jual-beli online harus jelas dan menarik. Banyak penjual tidak menganggap penting foto produk. Beberapa bahkan terkesan menampilkan foto produk ala kadarnya. Foto produk adalah satu-satunya sarana bagi pembeli untuk “meneliti” produk yang akan dibelinya. Jika konsumen melihat foto produk yang buruk, keinginan untuk melakukan pembelian pun hilang.Contoh penyajian foto produk yang ala kadarnya adalah memotret produk hanya dari satu angle atau perspektif. Padahal, pembeli ingin melihat kondisi fisik produk dari berbagai sisi. Tampilkanlah foto produk yang diambil dari berbagai perspektif untuk menjawab keingintahuan konsumen sebelum membeli.
  1. Hal terbesar yang dapat kita lakukan untuk orang lain adalah tidak sekadar membagikan harta kekayaan kita, Tetapi menyingkapkan kepada mereka harta yang mereka miliki. Ada baiknya penjual mengetahui kisaran harga pasar yang dipatok kompetitor atau penjual lain di situs yang sama. Jika menetapkan harga yang terlampau tinggi untuk produk sejenis, pembeli tentu saja akan memilih penjual yang mematok harga lebih murah. Meskipun demikian, bukan berarti penjual tidak boleh mematok harga di atas harga pasar. Jika ingin mematok harga yang lebih tinggi, tawarkanlah produk dalam bentuk paket, pemberian bonus, atau pemberian merchandise yang tidak akan didapat pembeli seandainya berbelanja dari penjual lain.
  1. Harapan yang terbaik dari diri Anda dan orang lain. Setiap orang yang tidak mengakui potensi dalam dirinya adalah seorang pencuri. Rasa optimis yang benar adalah sadar terhadap masalah yang akan muncul, tetapi mengetahui solusinya.Bagaimanapun masa lalu Anda, esok hari adalah lembaran putih yang bersih. Jangan lagi dinodai oleh masa lalu.
  1. Cara Anda memandang diri sendiri hari ini akan mempengaruhi Prestasi Anda besok. Bukan apa yang terjadi pada Anda yang menentukan tingkat hidup Anda, Melainkan apa respon Anda terhadap apa yang terjadi pada diri Anda.Pelanggan menginginkan solusi bukan alasanEfisien berarti mengerjakan dan menghasilkan sesuatu sesuai porsinya, tanpa membuang-buang waktu, tenaga, dan biaya. Cara berdagang secara efisien di situs jual-beli online adalah dengan memanfaatkan fitur-fitur dan layanan yang diberikan situs tersebut. Penjual online harus ingat bahwa administrator di situs jual-beli online tempat berjualan pun adalah partner dalam berbisnis. Fitur-fitur dan layanan yang diberikan di situs jual-beli online bisa dikatakan sebagai “bala bantuan” saat penjual online memasarkan produknya. Agar dapat berbisnis secara efisien, penjual perlu menggunakan fitur dan layanan yang diberikan situs jual-beli online tempat ia berdagang. Patuhilah peraturan-peraturan yang berlaku di dalamnya untuk meminimalisir munculnya kendala saat bertransaksi dengan pembeli. Penjual juga tidak perlu ragu untuk menghubungi pihak administrator atau customer service saat menemui masalah. Dengan memaksimalkan penggunaan fitur serta layanan, penjual online tidak perlu membuang waktu, tenaga, atau biaya saat berbisnis. Kerja penjual online pun menjadi efisien.Kalau senjata anda dalam persaingan satu-satunya cuma harga, maka anda belum tergolong penguasa sejati.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.