Monday 21 June 2010

Mempertahankan Bisnis Pasca Kenaikan Harga BBM



Sikap yang tidak mau berubah merupakan penyakit yang paling mematikan di muka bumi ini.
Pikirkan semua yang benar, semua yang mulia dan semua yang adil.Semua orang melantunkan keluhan serupa pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM). Meskipun pemerintah memprediksi bahwa kenaikan harga BBM tidak akan berdampak pada sektor-sektor ekonomi lain, nyatanya harga barang pokok dan tarif layanan ikut melonjak.Menghasilkan kemungkinan yang lebih besar untuk mencapai tujuan.Kunci dalam meraih hubungan yang baik adalah dengan membiarkan orang lain merasa penting. Dalam bisnis, kenaikan harga BBM berdampak langsung terhadap kenaikan ongkos kirim. Penjual online mengirimkan pesanan pembeli dengan tarif yang lebih mahal dari biasanya. Apa strategi yang bisa dilakukan penjual online untuk mempertahankan bisnisnya setelah harga BBM naik? Bagaimana menjaga kestabilan keuangan di tengah melonjaknya harga di berbagai sektor ekonomi. Bermusyawarahlah dengan pelanggan sebelum anda menciptakan produk atau jasa baru. Kesombongan adalah pengakit yang mengerikan. Penyakit itu membuat setiap orang menderita kecuali orang yang memilikinya.

Ada pepatah yahudi kuno yang mengatakan, “jika anda tidak mengajar orang cara berdagang,
anda menjadikan dia seorang pencuri”.Pada dasarnya, strategi menghadapi kenaikan harga BBM ditentukan oleh dua faktor besar: efisiensi proses pengiriman barang dan efektivitas biaya operasional. Yang paling baik memang memaksimalkan dua faktor tersebut. Namun tak masalah jika Anda, sebagai penjual online, menerapkan salah satu dari kedua alternatif tersebut asalkan cocok bagi bisnis yang Anda jalankan.Motivasi mengikuti tindakan.
  • Menggunakan jasa pengiriman pribadi
Keberhasilan bukanlah tujuan, merupakan suatu perjalanan arah dari perjalanan anda. Sebagai salah satu upaya efisiensi proses pengiriman barang, penjual dapat mempekerjakan kurir pribadi dibanding menggunakan jasa kurir dari perusahaan pengiriman barang. Di satu sisi, penjual memang harus membayar gaji bulanan kurir pribadi yang ia pekerjakan khusus untuk toko online-nya tersebut. Namun di sisi lain, kurir pribadi jauh lebih fleksibel dalam hal jumlah pengiriman barang. Penjual dapat menggunakan kurir pribadi untuk mengirimkan pesanan pembeli dengan jumlah yang tidak terbatas.
Keuntungan lain dari penggunaan jasa kurir pribadi adalah tidak terbatasnya berat produk yang bisa dikirimkan penjual kepada pembeli. Penjual bisa menetapkan harga ongkos kirim sendiri yang berlaku di toko onlinenya, dengan mengesampingkan faktor berat produk yang dipesan pembeli. Hal ini tidak bisa dirasakan penjual jika menggunakan jasa kurir perusahaan pengiriman barang, sebab besarnya ongkos kirim berbanding lurus dengan berat produk yang dipesan pembeli.Apapun pekerjaanya, cara terbaik untuk dapat memenuhi kualifikasi bagi pekerjaan selanjutnya adalah melakukan pekerjaan sekarang ini dengan memuaskan.
  • Menjual produk high margin.
AWAS! Dibalik kesuksesan bisnis Anda Iblis sedang mengintai dan memasang Jerat. Waspadalah jangan sampai Anda jatuh dalm 3 hal ini:Tahta – Harta – Wanita.
Upaya lain menghadapi kenaikan harga BBM adalah dengan menjual produk high margin alias memberikan profit yang signifikan. Artinya, penjual mendapatkan keuntungan yang besar dari penjualan atau pengiriman satu jenis barang. Dalam bisnis jangan sekedar meluas ke kanan dan ke kiri tetapi hendaknya juga mendalam.Kemampuan dikalikan usaha Sama dengan hasil.Ada banyak pilihan bagi penjual yang ingin berdagang produk high margin. Berdagang produk inovasi adalah salah satunya. Produk inovasi di sini berarti menjual produk yang sudah umum beredar di pasaran, namun dengan menambah nilai guna sehingga menjadi keunggulan toko online penjual dibanding toko online lainnya. Melakukan inovasi produk bisa menjadi solusi untuk mendapatkan profit yang tinggi dari penjualan satu buah produk. Penjual bisa menetapkan harga jual yang tinggi sebab produk inovasi tersebut hanya terdapat di toko onlinenya.Berikut ini adalah unsur-unsur keberhasilan dalam bisnis:
  1. Mempunyai satu visi
  2. Memiliki komunikasi yang baik
  3. Memiliki komitmen untuk melangkah bersama
  4. Mengikutsertakan Tuhan dalam setiap perkara
  • Jaga hubungan baik dengan pembeli.
Bisnis artinya jangan menunda-nunda pembayaran hutangmu yang telah jatuh tempo.Tawarkan kepada pelanggan anda paling sedikit satu pelayanan yang tidak mereka peroleh di tempat lain.Kenaikan harga BBM yang berdampak pada kenaikan ongkos kirim tidak akan terlalu menjadi masalah, seandainya penjual telah memiliki jumlah pembeli loyal yang banyak. Artinya, penjual sudah memiliki pelanggan tetap yang secara rutin berbelanja di toko onlinenya. Hubungan dengan pembeli yang sebelumnya pernah bertransaksi harus dijaga dengan baik. Jika pembeli dan penjual sudah saling kenal atau sering bertransaksi bersama, maka penjual akan lebih mudah menjelaskan kepada pembeli bahwa toko onlinenya kini mengetapkan ongkos kirim yang lebih tinggi dari biasanya. Pembeli loyal pun juga akan lebih mudah memahami penyebab penjual menaikkan ongkos kirimnya, sebab ia bertransaksi dengan penjual yang memang telah ia kenal.Jangan berfokus pada pengembangan bisnis baru sebelum anda dapat secara efektif melayani pelanggan yang sudah ada.
  • menjadi perantara dalam bisnis dropship.
Bisnis artinya menciptakan nilai tambah pada produk atau jasa yang kita jual.
Meskipun berbisnis secara online, bukan berarti penjual tidak membutuhkan modal untuk membeli produk dari pemasok. Setelah harga BBM naik, dapat dipastikan para pemasok juga akan menetapkan harga jual yang lebih tinggi. Bagi mereka yang baru atau hendak memulai bisnis online, menjadi perantara bisnis dropship bisa menjadi alternatif pilihan bisnis, definisi Bisnis artinya ORANG!! di luar itu adalah biaya. Perantara bisnis dropship tidak perlu membeli produk untuk dijadikan stok barang, juga tidak perlu bersinggungan dengan proses pengiriman barang beserta penetapan ongkos kirimnya. Menjadi perantara antara pembeli dan pemasok dalam bisnis dropship hanya membutuhkan koneksi internet dan kamera untuk memotret produk. Alternatif ini cocok bagi penjual online pemula.Bisnis artinya jangan terlibat dalam tindakan yang beresiko terhadap nama baik hanya ingin menghemat biaya.Efisiensi adalah melakukan sesuatu dengan benar. Efektifitas adalah melakukan hal ang benar dengan efisien.
  • beralih (atau melebarkan sayap bisnis) ke penjualan jasa.
Ketekunan adalah kunci yang sangat penting. Belajarlah menggunakannya, tetapi jangan disalahgunakan. Berbisnis online tidak hanya terbatas pada penjualan produk, melainkan juga penawaran jasa-jasa tertentu di channel-channel online. Tren mendagangkan jasa secara online juga marak dalam bisnis dunia maya. Penjual online yang menawarkan jasa atau layanan tidak membutuhkan modal besar untuk membeli produk. Bahkan, beberapa bisnis layanan atau jasa bisa dijalankan praktis tanpa modal sama sekali. Selain itu, menjual jasa secara online tidak membutuhkan ongkos kirim.Ketika bisnis di internet merebak, yang paling banyak keciprtan profit adalah perusahaan ekspedisi dan web consultant, dibanding e-business itu sendiri. Alternatif ini bisa menjadi solusi bisnis yang tepat di tengah kondisi melonjaknya ongkos kirim, harga produk, dan harga bahan baku pasca kenaikan harga BBM.Yang akan membuat anda berhasil bukanlah informasi, tetapi bagaimana anda menggunakan informasi tersebut. Tidak sedikit kisah sukses dari para penjual online yang mendagangkan jasa atau layanan. Banyak alternatif yang bisa dipilih oleh mereka yang baru atau hendak memulai bisnis online di bidang jasa, antara lain penjualan jasa penerjemah online, jasa desain toko online, atau jasa penyewaan mobil melalui website.Bisnis artinya carilah dulu kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semua itu akan ditambahkan kepadamu.Lebih baik mengajukan permohonan dari pada pemberi perintah. Bisnis artinya hitam di atas putih.Bisnis di internet yang akan sukses Di masa depan adalah B2B bukan B2C (B2B= Business to Business B2C= Business to customer)

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.