Monday 21 June 2010

8 Tools Google Business Gratisan yang perlu kita ketahui


 
            Pengharapan adalah kekuatan yang memberi rasa percaya diri kepada seseorang untuk melangkah dan mencoba! Tidak banyak orang yang paham bahwa Google sesungguhnya lebih dari sekedar search engine. Google Maps, Google Analytics, dan Gmail sudah dikenal luas oleh para pengguna internet, terutama pebisnis online.Jika seseorang menyukai pekerjaannya, Bekerja membuat hidup menjadi manis, bermakna dan berbuah.Jika Anda bersikap keras terhadap diri sendiri, hidup akan terasa lebih ringan bagi Anda.Dapat memetik manfaat dari kegagalan merupakan kunci keberhasilan. Sayangnya, banyak tools Google lain yang sangat signifikan untuk menjalankan sebuah bisnis namun tidak banyak diketahui oleh para pebisnis online.Keluarga yang berhasil mempunyai dua unsur yang penting: bekerja sebagai “ayah” dan integritas sebagai “ibu”.Siapa memperoleh akal budi, mengasihi dirinya; siapa berpegang pada pengertian, mendapat kebahagiaan.

Pendiri Web Ad.vantage Hollis Thomases menyebutkan delapan tools milik Google yang sangat penting untuk berbisnis, namun jarang diketahui oleh orang banyak. Sasaran yang dibuat secara asal-asalan akan mudah ditinggalkan pada saat rintangan pertama menghadang.

Google Trends
Google Trends memberikan informasi tentang terminologi atau istilah yang sedang ramai dibahas di masyarakat. Kata-kata kunci yang banyak dicari atau dibicarakan para pengguna internet tercatat dalam Google Trends. Fungsi Google Trends bagi pebisnis adalah sebagai pedoman penggunaan bahasa saat pebisnis hendak melakukan pemasaran. Selain itu, pebisnis dapat menggunakan istilah-istilah yang dapat menaikkan rating search engine ketika mengisi konten di media sosial atau website bisnisnya.

Think with Google
Mengembangkan sebuah bisnis membutuhkan data atau riset agar bisnis dapat diarahkan sesuai dengan kebutuhan dan segmentasi pasar. Think with Google merupakan sebuah ensiklopedi tentang bisnis dan pemasaran yang menyajikan informasi mengenai tren-tren yang merebak di kalangan konsumen, pendekatan-pendekatan marketing, studi kasus tentang bisnis, dan riset perusahaan.

GoMo
Riset membuktikan, 67 persen konsumen mengaku lebih terdorong melakukan pembelian jika seller memiliki situs versi ponsel atau mobile site. Sebagian besar pengguna internet mengakses koneksi dari ponsel, smartphone, atau gadgetnya. Oleh karena itu, penting bagi bisnis untuk mengembangkan pangsa pasar melalui mobile site yang dapat diakses dari ponsel.
GoMo atau Google Mobile adalah tools yang bisa membantu pebisnis dalam menciptakan mobile site. Mobile site dari sebuah situs bisnis bisa dibuat hanya dalam hitungan menit. GoMo juga memberikan analisa tentang konten mana saja yang sesuai dan tidak sesuai untuk dimuat dalam mobile site.

YouTube’s My Business Story
YouTube’s My Business Story memudahkan pebisnis untuk membuat video berkualitas hanya dengan beberapa kali klik. Pebisnis hanya perlu membuat akun di YouTube dan mengunggah beberapa video pendek dan foto tentang bisnisnya. Setelah itu, YouTube’s My Business Story akan memberikan petunjuk melalui template-template untuk menambahkan grafik dan musik dalam video.

Google+ Hangouts
Google+ Hangouts membantu pebisnis dengan fitur live video chat. Pebisnis dapat melakukan teleconference atau rapat secara online dengan para staf lewat Google+ Hangouts. Selain itu, ini pebisnis bisa bertanya jawab dan berinteraksi dengan para konsumen atau calon buyer lewat tools ini.

Get Your Business Online
Meskipun dijalankan secara offline, bisnis tetap membutuhkan website untuk pemasaran yang efektif kepada para konsumen. Dengan kata lain, bisnis apapun harus memiliki website untuk mempermudah para konsumen memperoleh informasi produk. Get Your Business Online memungkinkan para pebisnis untuk memiliki website bisnis dalam hitungan menit. Tools ini membantu pebisnis dalam menciptakan website, mendaftarkan nama domain, dan hosting secara gratis selama satu tahun. Selain itu, tools ini menyediakan banyak sumber referensi yang berisi panduan-panduan mengembangkan bisnis yang baru berdiri.

Trusted Stores
Trusted Stores membantu para pebisnis yang bergerak di bidang online shopping. Banyaknya penipuan yang terjadi akibat toko online palsu membuat konsumen enggan melakukan pembelian secara online. Google’s Trusted Stores memberikan kenyamanan bagi para konsumen sebab membantu meminimalisir kekhawatiran akan penipuan online. Sebuah toko online akan “diaudit” melalui serangkaian tes. Jika toko online itu dinyatakan lolos tes oleh tools ini, toko tersebut akan mendapatkan sertifikasi berupa badge dari Google’s Trusted Stores.

Google Apps for Business
Hampir serupa dengan Microsoft Office, Google Apps for Business memungkinkan pebisnis menjalankan pekerjaan sehari-harinya menggunakan software secara online. Pebisnis dikenakan biaya 5 USD per bulan, tergantung fitur-fitur apa saja yang dipakainya.

2 comments:

  1. Keren, IT memang menjadi salah satu Fungsi penting saat ini di setiap perusahaan...

    ReplyDelete

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.