Seiring dengan waktu ia menyadari bahwa cara terbaik untuk menjual
kepada mereka adalah "meningkatkan pembicaraan" melampaui tema
tentang produk atau jasa yang ia tawarkan.
Sebenarnya, menurut Paul Spiegelman, semakin tinggi level seseorang di
perusahaan, semakin tidak tertarik ia dengan fitur dan benefit produk Anda.
Ada beberapa alasan mengapa orang mau melakukan transaksi pembelian di
internet. Yakni, alasan privasi dan juga pleasure driven. Penjual
hendaknya menyiapkan strategi pemasaran atau promosi yang efektif agar tak
membuang-buang waktu dan juga tenaga. Agar efektif, penjual bisa mendefinisikan
terlebih dahulu siapa calon pembelinya dan seperti apa karakteristik. Seorang cross-border
trading expert.
Sebagai CEO, ia menyadari bahwa ia bertanggung jawab atas penjualan dan
ia berada dalam posisi yang unik di mana ia dituntut untuk membangun hubungan
dengan relasinya di perusahaan di mana ia berusaha menawarkan produknya.
Sebaiknya, produk atau jasa Anda jangan dijadikan topik di beberapa
interaksi pertama Anda. Carilah cara untuk membangun sebuah hubungan
kepercayaan, maka order akan mengikuti. Menurutnya, Anda harus sabar dan
disiplin.
Berikut ini 5 cara menjual tanpa berusaha menjual oleh Paul Spiegelman,
dikutp dari www.inc.com dan www.liputan6.com :
1. Jadilah pemimpin yang cerdik
"Tidak ada yang menonjol dari apa yang saya lakukan. Bisnis saya
adalah sebuah bisnis komoditi: jasa alih daya call center rumah sakit. Maka saya memulainya dari
entitas yang berbeda, sebuah lembaga penelitian, untuk menangkap pertanyaan dan
isu yang lebih besar tentang pengalaman pasien di pelayanan kesehatan",
ungkap Paul.
Lembaga ini menghasilkan studi-studi kasus dan paper-paper yang penuh
data mengenai topik yang ada di dalam benak para eksekutif industri kesehatan.
"Hal ini memberi Beryl sebuah tingkat kredibilitas yang tidak pernah saya
bayangkan sebelumnya, yang menghasilkan sebuah efek halo yang melampaui
kapasitas kami".
2. Temukan passion (hasrat atau gairah) terbesar Anda
"Passion terbesar saya dalam bisnis adalah budaya perusahaan dan
keterlibatan karyawan," ucap Paul. Menurutnya, dua hal itu adalah subjek
yang paling dicari dan paling ingin dibicarakan oleh para CEO, terutama dalam
bidang layanan kesehatan yang saat ini sedang mengalami transformasi budaya.
3. Berbagi pengetahuan
"Ketika saya menghubungi seorang CEO tentang topik yang ia minati,
saya akan mencari berita-berita paling mutakhir tentang topik itu dan menyerap
berbagai informasi-informasi tambahan yang relevan. Saya sering mengirim hard
copy sebuah artikel penting dengan catatan-catatan pendek tulisan tangan,"
ungkap Paul.
Sentuhan personal, menurutnya, masih merupakan alat yang ampuh untuk
membangun hubungan kepercayaan.
4. Meminta nasihat
Daripada menjual sesuatu kepada CEO, lebih baik jelaskan visi dan
strategi perusahaan Anda, dan tanyakan kepadanya apakah Anda sudah di jalur
yang benar. Seorang eksekutif top selalu lebih dari sekedar senang untuk
memberi Anda feedback yang jujur. Dan pada saat itulah sebenarnya tanpa dia
sadari mulai "membeli" untuk kesuksesan Anda.
5. Wawancarai seorang eksekutif untuk sebuah buku atau artikel
"Saya sedang menulis buku ketiga saya, yang khusus membahas tentang
industri kesehatan. Saya telah mewawancarai 25 CEO rumah sakit dan saya belum berhenti
sampai sekarang," ungkapnya. Kebanyakan orang merasa terhormat
diwawancarai untuk sebuah publikasi.
"Sadarkah Anda ada yang kurang dari tips ini? Produknya.
"Banyak "prospek" saya yang mungkin belum tahu apa yang
sebenarnya dilakukan perusahaan saya. Tetapi, dalam prosesnya, saya cenderung
sudah belajar tentang tantangan bisnis calon klien saya, sudah tahu apa yang
dia mau, dan sudah mengembangkan kepercayaan dan kredibilitas".
Bila Anda mengikuti nasehat ini, ada kemungkinan teman baru Anda akan
bertanya apakah Anda dapat membantunya. Bila tidak, setidaknya Anda telah
mendapatkan kesempatan untuk menawarkan bantuan. Dan sekarang, bukan sekedar
bekerja untuk perusahaan Anda dan memacu diri Anda lagi dan lagi, tapi Anda
telah mendapatkan dukungan, dan membangun kesuksesan Anda dari atas.
"Saya percaya, Anda akan segera melihat pertumbuhan penjualan di
luar hubungan yang telah Anda bangun, dan merasa bersyukur membantu menemukan
apa yang sesungguhnya dibutuhkan oleh orang hebat yang baru saja Anda
kenali," tegasnya.
No comments:
Post a Comment
Silahkan anda berbagi di sini ....???
Note: only a member of this blog may post a comment.