Semakin saya
mengerti tentang diri sendiri, semakin efektif saya dapat bekerja
dengan orang lain.
Nikmati kegembiraan yang dialami dalam hidup ini. istilah “target
pasar” sering diartikan sebagai kelompok konsumen yang menjadi
tujuan pemasaran seorang penjual. Tak heran, banyak pebisnis
menganggap bahwa menentukan target pasar adalah sesuatu yang penting.
Sebenarnya, yang lebih penting adalah menentukan fokus pasar. Istilah
“target pasar” dan “fokus pasar” didefinisikan secara berbeda
oleh teori pemasaran.Coba Anda bertanya pada diri secara jujur.
Maukan Anda menjadi pelanggan dari perusahaan Anda sendiri? Jika
tidak mengapa Anda masih berharap ada yang mau perbedaan tentang
fokus dan tujuan pemasaran terletak pada ruang lingkup konsumen.
Target pasar diartikan sebagai kalangan pembeli potensial di sebuah
jenis bidang bisnis tertentu. Di sisi lain, fokus pasar tidak hanya
memiliki potensi untuk membeli. Kalangan ini juga memiliki
karakteristik spesifik yang sesuai dengan karakteristik produk yang
didagangkan penjual.Disiplin dari Allah menghasilkan kekuatan, bukan
kelemahan. Karakteristik spesifik yang dimaksud contohnya rentang
usia, jenis kelamin, domisili, gaya hidup, dan lain sebagainya.
Mengapa
menentukan fokus pasar lebih penting dibanding menentukan target
pasar? Berikut manfaat yang akan dirasakan penjual saat ia menetapkan
fokus pasar untuk bisnisnya.Bila
anda tidak menyukai orang lain, seharusnya anda tidak berkecimpung
dalam bisnis.
- Kegagalan mengenali potensi diri adalah jalan tol menuju impotensi atau kegagalan total.Kebahagiaan bukanlah di mana atau kapan, tetapi di sini dan sekarang.Menentukan fokus pasar menjadikan penjual sebagai pebisnis yang ahli di bidang produk tertentu. Jenis produk yang didagangkan penjual spesifik sebab karakteristik dan kebutuhan konsumennya pun juga spesifik. Mau tidak mau, penjual harus fokus dan memahami seluk-beluk produk dengan komprehensif. Memahami produk dengan baik menambah pengetahuan penjual tentang produk yang didagangkan di toko online-nya.
- Memfokuskan pasar meminimalisir jumlah pesaing yang harus dihadapi seorang penjual. Jika menjual produk yang general, penjual harus menghadapi kompetitor yang jumlahnya banyak. Produk yang terlalu umum banyak dijual oleh penjual lain. Ini tidak akan dialami oleh penjual seandainya ia menjual produk yang spesifik kepada fokus pasarnya.Sebagai contoh, penjual yang hanya berdagang produk aksesori ponsel secara umum juga harus menghadapi kompetitor produk sejenis, yaitu yang menjual aksesori semua merek ponsel. Namun ketika penjual produk aksesori ponsel ini memfokuskan konsumen kepada pengguna tab, maka ia hanya perlu bersaing dengan penjual produk tab saja. Ia tidak perlu bersaing dengan penjual yang berdagang aksesori ponsel secara umum. Ini tentu saja mempersempit lingkup kompetitor yang harus dihadapi penjual.
- Karyawan yang bekerja cukup rajin untuk mendapat kenaikan gaji barangkali akan memperolehnya, tetapi karyawan yang bekerja untuk memberikan suatu kontribusi akan mendapat jauh lebih banyak.Tunjukkan rasa hormat atas pekerjaan yang telah dilakukan dengan sangat baik.Kita hanya dapat melakukan sesuatu untuk masa depan. Tidak ada yang dapat kita lakukan untuk masa lalu.Ciri spesifik yang dimiliki fokus pasar membantu penjual dalam memahami apa yang dibutuhkan konsumennya. Menggunakan contoh yang sama, penjual aksesori tab memahami perlengkapan apa saja yang dicari oleh konsumennya, yaitu para pengguna tab.
- Karena pasarnya memiliki ciri tertentu, penjual tahu di mana ia harus memasarkan produknya. Karakteristik yang dimiliki fokus pasar menjadi “penunjuk arah” di mana penjual bisa mendapatkan penjualan. Artinya, pemasaran pun menjadi efektif. Sebagai contoh, penjual bisa memasarkan langsung kepada pengguna atau komunitas-komunitas pecinta produk toko online-nya. Pemasaran yang efektif dan tepat sasaran tentu saja akan menghemat waktu, uang, dan tenaga penjual.
No comments:
Post a Comment
Silahkan anda berbagi di sini ....???
Note: only a member of this blog may post a comment.