Friday, 31 May 2013

peran yang penting untuk menyampaikan pesan dari Brand ambassador




Dalam dunia pemasaran, brand ambassador memiliki peran yang penting untuk menyampaikan pesan yang dimiliki merek kepada para pelanggannya. Mereka yang menjadi brand ambassador tentu memiliki pengaruh yang cukup kuat dalam sebuah komunitas agar pesan merek dapat diterima.Tak selalu harus selebriti atau tokoh masyarakat, para pelanggan atau penggemar setia merek pun bisa dijadikan brand ambassador. Masalahnya, mendapatkan pelanggan setia terkadang tidaklah mudah.Para user internet sering kali melakukan pencarian di google untuk mendapatkan kebutuhan mereka.


1.      Dave Balter, CEO agensi pemasaran berbasis word of mouth BzzAgent, mengatakan bahwa hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengambil stok basis penggemar yang ada. “Memahami siapa saja yang masuk dalam kategori penggemar dan siapa yang kategori advocate,” ujarnya.Tentu ada software yang bisa membantu kita untuk melakukan hal tersebut, yaitu Klout. Audi USA adalah salah satu merek pertama yang mengintegrasikan skor Klout ke halaman Facebooknya.

2.      Mendapatkan “like” untuk merek kita di Facebook adalah sebuah hasil yang bagus. Tapi, sebaiknya jangan berpuas diri dulu. Kita tetap harus mengadakan aktivitas yang melibatkan para penggemar. Misalnya, seperti yang pernah dilakukan Kraft pada tahun 2010, yaitu mengajak ibu-ibu untuk membuat video memasak mereka. Cara sederhana untuk melibatkan pelanggan bisa dilakukan dengan mengadakan kuis berhadiah.

3.      Berikan penggemar kita peluang untuk menikmati hal-hal menyenangkan yang eksklusif. Seperti yang pernah dilakukan oleh Walmart yang memberikan para ibu-ibu blogger kesempatan mengunjungi markas Walmart di Arkansas untuk mencoba produk baru.

4.      Walmart tak hanya memberikan produk dan pengalaman eksklusif untuk ibu-ibu. Perusahaan ritel asal Amerika Serikat itu juga membuat sebuah blog dan kanal YouTube untuk mereka. Dengan menggunakan jangkauan media yang besar, Walmart memberikan penghargaan bagi para advocate mereknya yang paling loyal.

5.      Jika kita tidak memasarkan dengan menggunakan komputer baru dan smartphone, bagaimana kita bisa mendapatkan perhatian orang-orang? Jeremiah Owyang, mitra Altimeter Group, menyebutnya sebagai praktik “naikkan level gaya hidup”.
Misalnya, mungkin akan sulit bagi orang-orang untuk tertarik dengan pembersih ubin, tapi menjaga rumah tetap bersih dan bebas kuman adalah sesuatu yang tentu orang-orang ingin lakukan dan menjadi bagian dari gaya hidup. Oleh karena itu Lysol, merek pembersih lantai berbentuk spray, berbagi tips membersihkan rumah untuk para penggemarnya di Facebook yang berjumlah 460.000.Ini berarti seluruh informasi bisnis atau produk Anda tetap bisa diakses oleh banyak orang bahkan disaat Anda sedang istirahat. Hal ini berbeda dengan media promosi lainnya, dimana materinya hanya bisa diakses oleh sebagian orang di wilayah tertentu dan waktu-waktu tertentu saja.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.