Friday 23 April 2010

Tips dan Trik Marketing di Sosial Media Facebook



Jejaring sosial facebook menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan maupun individu untuk memperluas pangsa pasar dalam bidang marketingnya. Namun perusahaan yang berhasil masuk ke dalam sosial media adalah perusahaan yang manajemennya berubah. Pada zaman dahulu, Umumnya marketing menggunakan pendekatan dengan konsumen melalui media televisi, radio, koran maupun majalah.
“Tidak banyak sebuah perusahaan yang bisa beradaptasi dengan sosial media. Biasanya Yang hebat mengadopsi marketing di sosial media adalah bidang UKM,” kata Online Strategist Nukman Luthfie.
“Orang akan mau berteman dengan sebuah brand atau perusahaan yang pertama karena mereka suka dengan brand tersebut. Yang kedua, karena ada penawaran khusus yang disampaikan melalui Fanspage brand. Yang ketiga, karena orang yang dikenalnya ‘Like’ ataupun berteman dengan brand atau perusahaan tersebut dan yang paling terakhir, karena kontennya menarik” Perjelas Nukman.
Menurutnya ada tiga Tips dan Trik Marketing di Sosial Media Facebook yang perlu dan harus dilakukan dalam marketing di sosial media Facebook. Yaitu, targeting strategy, content strategy, dan Fanpage management.

1.    Targeting strategy. Di sosial media khususnya Facebook, kita dapat menjangkau daerah-daerah dimana saja konsumen yang berpotensial berada. Jika masih bingung, untuk mencari referensi anda bisa mengakses Facebook Marketing Solutions di http://www.facebook.com/marketing.

2.    Content strategy. Ada banyak sekali tools dan sosial media plugin yang bisa kita manfaatkan untuk mengkreasikan hasil konten, yang juga tersedia pula diFacebook Marketing Solutions. Misalkan saja, membuat sebuah polling, melakukan interaksi dengan konsumen, atau berkreasi dengan video.

3.    Fanspage management. Inilah yang paling penting untuk menjaga loyalitas kepada konsumen. Kita diharuskan responsif terhadap semua keluhan, terbuka serta jujur. Langkah terbaik disaat terdapat keluhan pada konsumen jangan memutus pembicaraan melainkan diarahkan ke akses customer service.

Itulah Tips dan Trik Marketing di Sosial Media Facebook, Banyak manajemen fanspage sebuah brand ataupun perusahaan yang gagal dibidang sosial media dikarenakan memaksakan sosial media sebagai customer service serta melupakan system managemen perusahaan dibidang sosial media.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.