Tuesday 4 May 2010

Jika ingin Sukses Profit Margin Harus Dihitung dengan baik


Filsafat terbaik sekalipun tidak akan bermakna apabila Anda tidak mau menerapkannya.
Anak-anak senang menuju ke tempat yang penuh dengan kegembiraan. Mereka betah tinggal dimana ada kasih. Sebagian besar orang yang berbelanja lewat internet adalah orang yang mencari barang dengan harga produk yang miring alias murah. Namun, seorang
seller perlu juga memahami bahwa harga bukanlah segalanya. Dewasa ini, pembeli cukup cerdas untuk memutuskan barang mana yang perlu ia beli. Apakah barang yang mahal tapi kualitasnya selangit atau justru barang murah dengan kualitas standar. Oleh karena itu, penjual perlu memperhatikan beberapa hal sebelum menetapkan harga jual produk yang ia jual di toko online.Mengapa kita menghakimi diri sendiri dengan cita-cita kita dan orang lain dengan perbuatan mereka?.

Penentuan harga produk sangat dipengaruhi oleh seberapa besar profit margin yang ingin didapatkan. Lisa Suttora, seorang founder dan CEO dari WhatDoISell.com, mengatakan banyak faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan profit margin dari sebuah produk.
Banyak online seller yang menetapkan profit margin yang sama untuk setiap produk agar keuntungan yang ia dapatkan juga besar. Sebetulnya, keputusan seperti ini salah kaprah. Menurut Lisa, tidak semua produk bisa disamaratakan profit margin-nya. Kunci sukses dalam menentukan profit margin menurutnya adalah dengan menetapkan harga yang bervariasi. Mulai dari yang paling rendah, hingga yang paling mahal.Ketika musuh menghadang, itulah saatnya bangkit untuk meraih keberhasilan. Mental baja dan pantang menyerah adalah ciri-ciri pengusaha Sukses.

Adakalanya kita diijinkan Tuhan mengalami perkara-perkara yang supra alami, namun adakalanya tidak. Karena jalan dan pikiran Tuhan dan jalan pikiran kita tidak sama. Dia tahu mana yang terbaik untuk kita. Cost of goods sold (COGS) juga menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan harga produk. COGS adalah keseluruhan biaya yang dikeluarkan ketika menjual sebuah produk. Pendidikan bergantung pada motivasi dan pembentukan kebiasaan kerja yang baik. Jadi, yang dihitung dalam profit margin bukan hanya biaya pembelian dari supplier saja. Yang termasuk ke dalam COGS adalah:
  1. Tentang biaya yang dibutuhkan untuk Pembelian
Biaya ini meliputi berapa harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkan sebuah produk dari supplier, berapa biaya pengiriman barang dari tempat supplier ke tempat seller, serta biaya pemeliharaan barang (jika ada).Dasar yang teguh, komitmen yang kuat dan sasaran yang mantap
  1. TIPS atau uang Jajan
Kasih yang sejati adalah ketika Anda melakukan sesuatu yang terbaik bagi orang yang Anda kasihi.Adalah sangat beresiko kalau kita harus mengorbankan nilai-nilai kita hanya karena kurang modal.Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Dia akan meluruskan jalanmu.Fee adalah biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Misalnya, biaya untuk maintenance website, biaya hosting, hingga biaya promosi.
  1. Cost to deliver atau biaya pengiriman
Apa yang anda lakukan didalam pekerjaan anda menunjukkan Bagaimana anda menguasai pekerjaan itu. Biaya ini biasanya tak banyak diperhatikan oleh penjual. Tapi, sebenarnya ini berpengaruh terhadap profit margin. Yang termasuk cost to deliver adalah biaya yang dibutuhkan untuk melakukan pengiriman barang atau shipping. Misalnya, harga dus atau kotak, harga plastik, serta biaya jasa pengiriman, seperti FedEx, JNE, atau TIKI. Jika menggunakan kurir sendiri, biaya transport dan gaji si kurir juga termasuk dalam cost to deliver.

Anda tidak pernah bekerja untuk orang lain. Anda bekerja untuk diri sendiri.Setiap pekerjaan merupakan cermin diri dari orang yang melakukannya.Kebahagiaan adalah seperti sebuah ciuman. Untuk mendapatkan sesuatu yang baik, anda harus memberikannya kepada orang lain.Dalam menentukan harga produk, penjual juga sebaiknya mempertimbangkan supply dan demand yang terjadi. Ia harus bisa melihat ‘musim’ dari setiap produknya, Menurut Lisa, saat permintaan banyak dan barangnya sedang langka (supply-nya sedikit), penjual bisa menaikkan harga secara tinggi.Ketika anda bekerja dengan orang lain, itu bagaikan penambang emas.Anda tidak mencari kotoran, tetapi anda sedang mencari emas.

1 comment:

  1. I just want to emphasize the good work on this , has excellent views and a clear vision of what you are looking for
    thesis | buy essay

    ReplyDelete

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.