prinsip 5W+1H dikenal luas oleh mereka yang berkecimpung di dunia
jurnalistik sebagai pedoman penulisan berita atau artikel. Sistem penulisan
yang menyertakan unsur what, who, where, when, why, dan how dalam
berita membuat apa yang ditulis oleh seorang jurnalis menjadi valid, objektif,
dan informatif. Yang menarik, prinsip 5W+1H ini dapat diterapkan oleh calon
penjual untuk menentukan dan mematangkan ide bisnis online yang hendak
dijalaninya. Bagi para penjual yang telah memiliki bisnis online, prinsip 5W+1H
dapat diterapkan untuk mengukuhkan branding bisnisnya. Bagaimana prinsip 5W+1H
dapat diimplementasikan dalam dunia bisnis online?
Prinsip 5W+1H dimulai dengan menemukan jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan penting dan mendasar seputar ide bisnis online yang
hendak Anda bangun.
·
What
kind of business?
Bisnis
jenis apa yang hendak Anda rintis? Ini adalah pertanyaan mendasar namun krusial
saat Anda hendak memulai bisnis. Dalam bisnis online, Anda perlu memikirkan
tentang jenis usaha yang sesuai dengan diri Anda. Sesuai di sini berarti cocok
dengan kemampuan, pengetahuan, dan minat Anda. Meskipun bukan merupakan
keharusan, memulai bisnis di bidang yang sesuai dengan minat, ketertarikan,
atau hobi diprediksi akan lebih tahan lama. Alasannya, Anda memulai bisnis di
bidang yang memang benar-benar Anda sukai dan Anda pahami secara mendalam.
Selain
itu, Anda perlu jeli melihat peluang di bidang bisnis yang Anda jalani.
Bagaimana minat konsumen terhadap produk yang direncanakan akan dijual oleh
bisnis Anda? Berapa banyak kompetitor produk sejenis di bidang bisnis tersebut?
Pertimbangkanlah aspek kondisi pasar sebelum Anda menentukan jenis bisnis
online.
·
Who’s
the target?
Menjual
kepada konsumen secara umum hanya akan membuat bisnis Anda tidak fokus.
Tentukanlah siapa target pasar yang hendak Anda tuju. Dengan menentukan target
pasar, Anda akan mendapat gambaran tetang karakteristik serta kebutuhan
kalangan yang menjadi target pasar Anda. Memahami karakter, perilaku, dan
kebutuhan konsumen membantu Anda dalam menentukan fungsi dan kelebihan produk
yang akan Anda jual. Apa yang dibutuhkan oleh target pasar? Media sosial apa
yang sering digunakan oleh target pasar Anda? Jika paham mengenai target pasar,
Anda bisa melalukan pemasaran dan strategi penjualan yang tepat dan efektif.
·
Where
to sell?
Media
online apa yang akan Anda gunakan untuk berbisnis? Apakah melalui blog
gratisan, situs jual-beli online, atau media sosial seperti Facebook dan
Twitter? Pertanyaan ini penting Anda jawab sebelum memulai bisnis. Senada
dengan poin sebelumnya, menentukan target pasar membantu Anda dalam memilih marketplace yang
sesuai dengan bisnis Anda.
·
Perfect
timing? When?
Terkait
jenis produk atau bidang usaha, kapan waktu yang tepat untuk memulai bisnis?
Pertanyaan ini penting untuk memprediksi peluang usaha dari bisnis yang akan
Anda jalankan. Sebagai contoh, bisnis aksesori ponsel memiliki peluang yang
lumayan baik di era digital seperti saat ini, di mana jumlah pengguna smartphone dan
gadget kini
meningkat. Dengan kata lain, kapan waktu yang tepat menjalankan bisnis terkait
dengan tren atau fenomena yang sedang merebak di masyarakat.
·
Why
online marketing?
Temukan
alasan mengapa Anda memulai bisnis online. Secara psikologis, alasan ini bisa
memotivasi Anda untuk menjalankan bisnis di kemudian hari. Para penjual online
yang telah sukses memiliki alasannya sendiri-sendiri mengapa berbisnis di ranah
online. Yang perlu Anda pahami, akan ada saatnya di mana semua orang akan go online.
Konsumen pun lebih memilih berbelanja secara online karena lebih praktis dan
cepat. Keputusan untuk memulai bisnis online adalah sebuah langkah yang tepat
di era digital seperti saat ini.
·
How
to start?
Setelah
menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, penting bagi Anda untuk segera
merealisasikan ide dan konsep bisnis yang telah Anda rancang. Langkah konkret
harus segera diambil agar bisnis segera terlaksana, tanpa perlu menunda-nunda
lagi. Anda perlu mengetahui bagaimana cara memulai, menjalankan, dan mengelola
bisnis. Sebagai pedoman bagaimana menjalankan bisnis, Anda bisa merancang action plan
yang sesuai dengan bisnis Anda.
No comments:
Post a Comment
Silahkan anda berbagi di sini ....???
Note: only a member of this blog may post a comment.