Monday, 27 May 2013

Pahami Cara Cerdik Mengembangkan Toko Online



Strategi cerdik berbisnis tidak hanya berlaku bagi mereka yang duduk di kalangan manajemen perusahaan besar. Keputusan-keputusan besar yang akan menentukan masa depan bisnis biasanya diambil oleh kalangan manajer. Dalam bisnis online, penjual juga perlu menerapkan strategi-strategi yang cerdik agar usahanya berkembang.
Pandai berbisnis tidak hanya berhubungan dengan cara penjual mengelola toko onlinenya, melainkan juga terkait dengan perencanaan sebelum toko online didirikan. Seth Kushner dan Amy Schroeder, anggota divisi seller handbook sebuah situs jual-beli online internasional, menyebutkan 4 strategi cerdik membangun toko online.
·      Identifikasikan pembeli yang ideal menurut Anda.
Anda, sebagai pemilik toko online, mesti menentukan target pasar sebelum mendirikan toko online. Tetapkanlah karakteristik-karakteristik tertentu yang Anda temui di pasar, kemudian jadikanlah kalangan yang memiliki karakteristik tersebut sebagai target Anda. Menetapkan target pasar membantu Anda untuk menentukan bagaimana produk Anda bisa menjawab kebutuhan konsumen.
Identifikasikan target Anda secara terperinci, misalnya berdasarkan batasan usia, jenis kelamin, faktor demografis atau tempat tinggal, latar belakang ekonomi, selera, atau gaya hidup. Semakin sesuai produk Anda dengan karakteristik konsumen, semakin besar kemungkinan Anda mendapatkan permintaan dari mereka.
·      Ciptakan identitas toko online Anda.
Apa yang membuat produk Anda lebih menonjol dari produk sejenis milik kompetitor? Mengapa pembeli harus berbelanja di toko online Anda, bukan di toko online lain? Nilai lebih apa yang dapat Anda berikan kepada pembeli? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini perlu Anda jawab agar Anda bisa menciptakan identitas atau citra tertentu bagi toko online.
Identitas toko online dapat dianggap sebagai salah satu upaya branding merek bisnis yang Anda miliki. Bentuklah persepsi, pola pikir, dan citra yang terbentuk di benak konsumen mengenai toko online Anda. Sebagai contoh, ciptakanlah citra toko online yang aman, terpercaya, penuh dengan produk-produk berkualitas, dan berani menjual dengan harga yang kompetitif. Singkat kata, publikasikan merek bisnis Anda sedemikian rupa sehingga terbentuk reputasi yang baik di kalangan konsumen mengenai toko online Anda.
·      Jangan abaikan kompetitor.
Meski tidak perlu dijadikan acuan utama, apa yang dilakukan kompetitor bisa memberikan gambaran bagi Anda dalam menyusun strategi pemasaran. Kenali dan pahami bagaimana kompetitor melakukan pemasaran dan mengelola toko onlinenya, misalnya sistem pembayaran yang berlaku di toko online kompetitor, promo dan potongan harga yang diberikan kepada konsumen, serta harga jual yang dipatok untuk produk yang juga dijual di toko online Anda.
Banyak cara untuk mengenal kompetitor Anda, misalnya lewat akun Twitter atau laman Facebook fanpage merek bisnis kompetitor. Mengetahui jumlah followers atau likes di media sosial kompetitor memberikan Anda gambaran tentang seberapa besar “pengaruh” kompetitor di bidang bisnis yang sama-sama Anda geluti. Pada akhirnya, Anda bisa menetapkan strategi yang tepat untuk mensejajarkan toko online Anda dengan toko online milik kompetitor.
·      Jangan malas melakukan riset pasar.
Secara sekilas, riset pasar terkesan rumit, tidak bermanfaat, dan hanya membuang-buang waktu. Namun jika dikaji lebih jauh, riset pasar dapat memberikan umpan balik bagi Anda sehingga bisnis berkembang.
Efektifkah berjualan di media sosial? Berapa persentase followers di Twitter yang benar-benar melakukan pembelian di toko online? Bagaimana tanggapan pembeli yang baru berbelanja sebuah produk di toko online Anda? Akankah pembeli melakukan repeat order? Jika ada, berapa persentasenya? Berapa besar kenaikan angka penjualan di toko online Anda tiap bulannya? Pertanyaan-pertanyaan semacam ini membutuhkan kajian tentang konsumen di toko online Anda. Meskipun terkesan kompleks, tidak ada salahnya Anda melakukan riset pasar secara berkala, misalnya enam bulan atau satu tahun sekali. Hasil dari riset pasar tersebut memberikan panduan bagi Anda sendiri untuk menentukan langkah berikutnya agar bisnis bisa berkembang.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.