Target pasar adalah poin terpenting yang harus ditelaah oleh penjual sebelum membangun toko online. Penjual perlu menetapkan karakteristik-karakteristik konsumen tertentu yang diperkirakan akan sesuai dengan produknya. Pasalnya, penjual tidak cukup menentukan target pasar saat memetakan konsumen yang akan dituju. Menetapkan fokus pasar adalah hal yang jauh lebih bermaanfaat dan krusial dibanding menetapkan target pasar. Teori pemasaran menyebutkan, ada perbedaan besar antara “target” pasar dan “fokus” pasar. Apa yang membedakan kedua istilah tersebut? Dan apa siginifikansi menetapkan fokus pasar dalam bisnis online?
Target pasar didefinisikan sebagai kelompok konsumen yang merupakan
pembeli potensial dalam sebuah jenis bidang bisnis online. Ciri atau
karakteristik tertentu yang dimiliki oleh target pasar ini berkaitan dengan
produk yang didagangkan penjual di toko online. Sebagai contoh, seorang penjual
produk fesyen memilih jenis produk pakaian wanita sebagai barang yang
didagangkannya. Maka, kaum wanita adalah target pasar yang dituju oleh penjual
online tersebut.
Di sisi lain, fokus pasar—biasa disebut “niche market”—diartikan sebagai bagian
dari target pasar yang jauh lebih spesifik. Karakteristik target pasar
dikerucutkan lebih jelas lagi. Ada pengelompokkan atau kategorisasi yang
memetakan target pasar berdasarkan ciri tertentu. Singkat kata, fokus pasar
adalah turunan yang lebih spesifik lagi dari target pasar. Dengan contoh yang
sama, penjual produk fesyen wanita memfokuskan lagi pasarnya berdasarkan usia
dan gaya hidup. Target pasar kaum wanita diturunkan lagi menjadi kalangan
perempuan dengan rentang usia tertentu yang memiliki gaya hidup tertentu pula.
Jelas, fokus pasar jauh lebih penting dibanding target pasar. Fokus
pasar membantu penjual menentukan jenis produk apa yang ingin dijualnya. Misalnya,
penjual memilih produk fesyen dengan desain yang fresh, dinamis, modern, dan up-to-date.
Maka, fokus pasar produk demikian adalah kalangan remaja perempuan berusia 15
hingga 25 tahun. Fokus pasar remaja perempuan tersebut memandu penjual itu
sendiri dalam memajukan bisnisnya. Penjual bisa fokus mengembangkan jenis
produk fesyen yang memang sesuai dengan fokus bisnisnya sehingga terhindar dari
upaya pemasaran yang sia-sia. Pemasaran yang tidak tepat hanya membuang waktu,
tenaga, bahkan uang penjual untuk mengelola toko online-nya.
Menentukan fokus pasar memberikan beragam manfaat bagi penjual online.
Selain terhindar dari pemasaran yang sia-sia, menetapkan fokus pasar berarti
meminimalisir jumlah kompetitor. Masih mengacu pada contoh yang sama, penjual yang
hanya berdagang produk fesyen wanita secara umum juga harus menghadapi
kompetitor produk sejenis, yaitu yang menjual segala jenis pakaian dan aksesori
wanita. Namun ketika penjual produk fesyen wanita ini memfokuskan konsumen
kepada kalangan remaja perempuan, maka ia hanya perlu bersaing dengan penjual
produk fesyen remaja. Ia tidak perlu bersaing dengan penjual yang berdagang
produk fesyen wanita secara umum.
Di samping itu, menentukan fokus pasar menjadikan penjual sebagai
pebisnis yang ahli di bidang produk tertentu. Jenis produk yang didagangkan
penjual spesifik. Hal ini membuat penjual bisa fokus dan memahami seluk-beluk
produk dengan komprehensif. Jika konsisten berdagang produk yang spesifik
tersebut, penjual akan menjadi seorang ahli di bidang bisnis yang digelutinya.
No comments:
Post a Comment
Silahkan anda berbagi di sini ....???
Note: only a member of this blog may post a comment.