Friday, 31 May 2013

Pahami Strategi Menghadapi Berbagai Macam Pembeli di Toko Online


Penjual yang baik adalah ia yang dapat memenuhi kebutuhan para pembeli melalui produk yang ditawarkan. Permasalahannya, kebutuhan satu pembeli dan pembeli lainnya berbeda. Beragamnya kebutuhan pembeli mempengaruhi motivasi atau tujuan seorang berbelanja di toko online. Motivasi pembeli yang variatif ini kemudian mengkategorikan pembeli ke dalam empat kategori. Apapun kategori pembeli yang mengunjungi sebuah toko online, penjual harus mampu menerapkan strategi berbisnis yang tepat.
Mengutip Senior Content Strategist Volusion Clay Delk, sedikitnya ada empat kategori pembeli dalam bisnis online.
1.    Kalangan Serious Buyer
Pembeli kategori pertama selalu bersikap spesifik dalam mencari produk melalui toko online. Kelompok serious buyer sudah tahu produk apa yang mereka butuhkan. Ketika menemukan produk yang diinginkan, mereka pasti akan melakukan pembelian. Kecil kemungkinan bagi serious buyer ini untuk hanya sekedar window-shopping di toko online.
Untuk menghadapi pembeli jenis ini, buatlah produk mudah ditemukan melalui search engine. Cantumkan keyword dalam penulisan nama produk atau varian. Selain itu, tetapkan harga yang kompetitif. Serious buyer  fokus dalam mencari produk, artinya mereka tahu harga yang dipatok penjual yang satu dibanding penjual yang lainnya untuk produk yang sama. Produk dengan harga yang paling reasonable adalah produk yang akan dibeli oleh kalangan ini.
2.    Kalangan Pembeli Potensial
Pembeli kategori kedua hampir sama dengan serious buyer. Para pembeli potensial juga pasti akan melakukan pembelian di toko online. Bedanya, kalangan ini belum tahu secara spesifik produk apa yang akan mereka beli. Browsing di toko online ibarat sebuah “riset” bagi pembeli potensial sebelum berbelanja sebuah produk.
Berikan panduan di toko online sebagai taktik menghadapi para pembeli potensial. Mereka membutuhkan bantuan untuk menentukan produk yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka, misalnya dengan mencantumkan kategori produk dan site navigation di toko online. Di samping itu, jelaskan pula produk secara fokus dan detail. Penjual harus informatif menuliskan deskripsi produk. Detail fungsi dan cara penggunaan produk sangat membantu dalam memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.
3.    Kalangan Pecinta Diskon
Kalangan ini merupakan para pemburu diskon. Mereka mencari produk-produk diskon melalui toko online, meskipun sebenarnya mereka tidak terlalu membutuhkannya. Potongan harga, kupon, dan hadiah yang diberikan penjual di toko online adalah hal yang paling ditunggu kalangan pecinta diskon. Selain itu, pembeli jenis ini sering melakukan tawar-menawar saat berbelanja di toko online untuk mendapatkan harga termurah.
Tawarkanlah paket promosi kepada para pecinta diskon. Promosi dalam bentuk paket bisa menarik perhatian mereka. Paket dapat ditawarkan dengan cara buy-one-get-two atau pemberian tambahan merchandise atas pembelian suatu produk. Selain itu, berikan ongkos kirim gratis. Membebaskan kalangan pecinta diskon dari ongkos pengiriman pesanan adalah hal yang menarik bagi tipe pembeli yang terkenal sangat “itung-itungan” saat berbelanja ini.
4.    Kalangan Pembeli Etalase
Percaya atau tidak, mayoritas pembeli tergolong ke dalam tipe kalangan pembeli etalase atau window-shopper. Mereka yang hanya sekedar “cuci mata” saat berbelanja tidak hanya ditemui di toko online, melainkan juga di toko offline. Kalangan ini mengunjungi toko online tanpa niat yang kuat untuk melakukan pembelian, tetapi hanya sekedar mengisi waktu luang, mencari inspirasi, atau mencari hiburan.
Untuk menghadapinya, tampilkanlah produk terbaik di homepage toko online. Karena pembeli etalase ini hanya sekedar melihat-lihat, maka apa yang mereka temui di halaman pertama toko online adalah hal yang paling menarik perhatian mereka. Menampilkan produk terbaik di homepage akan membuat mereka mengunjungi kembali toko online di kemudian hari.
Selain itu, tulis konten yang menarik di toko online. Contoh konten yang menarik adalah foto produk yang ditampilkan secara apik dari berbagai perspektif. Foto produk yang ciamik akan membuat “petualangan” para pembeli etalase menjadi seru. Karena mendapatkan pengalaman menarik di sebuah toko online, bukannya tidak mungkin mereka akan sungguh-sungguh melakukan pembelian di waktu lain

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.