Salah satu cara memaksimalkan fungsi media sosial Facebook sebagai sarana promosi adalah dengan mengadakan kontes berhadiah. Cara ini bisa menambah jumlah fans pada halaman Facebook seller.
Ada hal yang perlu diperhatikan oleh seller dalam melakukan promosi di
Facebook. Facebook memiliki guidelines yang cukup ketat bagi
perusahaan-perusahaan yang ingin mengadakan promosi besar-besaran. Biasanya,
perusahaan-perusahaan tersebut harus menggunakan third-party application.
Namun, bagi seller yang menjual produk online dengan skala yang tak terlalu
besar bisa mengadakan promosi sederhana di halaman Facebooknya.
Sederhana di sini termasuk hadiah yang akan diberikan pada pemenang
dalam kontes berhadiah tersebut. Hadiah yang diberikan tak perlu mahal dan
memakan budget yang disiapkan oleh seller. Penjual bisa ‘berkorban’ dengan
memberikan salah satu produknya yang masih ada di gudang. Jika punya budget
berlebih, seller dapat memberikan barang yang bisa mendukung produk yang dibeli
oleh buyer.
Selain itu, ada empat tipe kontes berhadiah menurut Will Sigsworth dari SocialMediaFrontiers.com.
Yakni, sweepstakes, kompetisi esai, foto dan video.
1.
Sweepstakes
Sweepstakes
merupakan salah satu bentuk kontes berhadiah yang mengharuskan peserta menghasilkan
konten promosi sederhana yang dipublikasikan lewat tweet, post di Facebook,
sharing, maupun komentar di salah satu thread. Pemenang kontes biasanya
diseleksi dari jumlah tweet atau post yang ia hasilkan atau dari kualitas
konten promosi si peserta tersebut.
Salah
satu keuntungan dari mengadakan sweepstakes adalah seller mendapatkan tenaga
tambahan untuk mempromosikan produknya di media sosial, khususnya Facebook.
Dengan begitu, kemungkinan, seller akan mendapatkan sejumlah fans baru dalam
halaman Facebooknya.
Beberapa
sumber mengatakan sweepstakes hampir sama dengan cashgivesaway. Namun, yang
membedakannya adalah jenis hadiah yang diberikan pada pemenang kontes. Pemenang
sweeptakes akan mendapatkan hadiah dari penyelenggara kontes berupa barang.
Jadi, jika yang mengadakan sweeptakes adalah seller sepatu, maka hadiahnya
berupa sepatu atau produk-produk lain yang masih berhubungan dengan sepatu.
Sedangkan hadiah yang diberikan dalam kontes jenis cashgivesaway adalah uang
tunai.
2.
Kompetisi
Esai
Selain
sweeptakes, kompetisi berhadiah yang biasa dilakukan di Facebook adalah
kompetisi esai. Kompetisi semacam ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama
dibandingkan sweeptakes. Namun, kontes esai akan menambah kualitas konten pada
halaman Facebook seller.
Seller
bisa membuat tema-tema kompetisi esai yang berhubungan dengan bidang atau
produk yang dijual. Misalnya, seorang penjual parfum khusus wanita mengadakan
kompetisi esai bertema ‘Wangi Parfum yang Belum Pernah Ada (dan Sebaiknya
Ada)’.
3.
Kompetisi
Foto
Hampir
sama dengan esai, kompetisi foto akan meningkatkan kualitas konten di halaman
Facebook seller. Terutama pada tampilan visualnya. Sebagian besar pengguna
Facebook lebih tertarik melihat visual, baik ilustrasi gambar maupun foto.
Selain
itu, penggunaan kamera yang kian masif pun mendukung adanya kompetisi foto ini.
Siapapun bisa menggunakan kamera, termasuk kamera yang ada di fitur
smartphone-nya.
4.
Kompetisi
Video
Seller
bisa menggali kreativitas fans dan followers-nya dengan mengadakan kompetisi
video. Selain itu, seller dapat menggunakan fitur video di Facebook untuk
mendukung kompetisi ini. Sehingga, semua peserta, fans dan juga customer bisa
mengakses video yang dikompetisikan dengan mudah.
No comments:
Post a Comment
Silahkan anda berbagi di sini ....???
Note: only a member of this blog may post a comment.