Wednesday, 15 May 2013

Kontes Berhadiah, Cara Promosi Bisnis Online di Facebook


Salah satu cara memaksimalkan fungsi media sosial Facebook sebagai sarana promosi adalah dengan mengadakan kontes berhadiah. Cara ini bisa menambah jumlah fans pada halaman Facebook seller.
Ada hal yang perlu diperhatikan oleh seller dalam melakukan promosi di Facebook. Facebook memiliki guidelines yang cukup ketat bagi perusahaan-perusahaan yang ingin mengadakan promosi besar-besaran. Biasanya, perusahaan-perusahaan tersebut harus menggunakan third-party application. Namun, bagi seller yang menjual produk online dengan skala yang tak terlalu besar bisa mengadakan promosi sederhana di halaman Facebooknya.

Sederhana di sini termasuk hadiah yang akan diberikan pada pemenang dalam kontes berhadiah tersebut. Hadiah yang diberikan tak perlu mahal dan memakan budget yang disiapkan oleh seller. Penjual bisa ‘berkorban’ dengan memberikan salah satu produknya yang masih ada di gudang. Jika punya budget berlebih, seller dapat memberikan barang yang bisa mendukung produk yang dibeli oleh buyer.
Selain itu, ada empat tipe kontes berhadiah menurut Will Sigsworth dari SocialMediaFrontiers.com. Yakni, sweepstakes, kompetisi esai, foto dan video.
1.    Sweepstakes
Sweepstakes merupakan salah satu bentuk kontes berhadiah yang mengharuskan peserta menghasilkan konten promosi sederhana yang dipublikasikan lewat tweet, post di Facebook, sharing, maupun komentar di salah satu thread. Pemenang kontes biasanya diseleksi dari jumlah tweet atau post yang ia hasilkan atau dari kualitas  konten promosi si peserta tersebut.
Salah satu keuntungan dari mengadakan sweepstakes adalah seller mendapatkan tenaga tambahan untuk mempromosikan produknya di media sosial, khususnya Facebook. Dengan begitu, kemungkinan, seller akan mendapatkan sejumlah fans baru dalam halaman Facebooknya.
Beberapa sumber mengatakan sweepstakes hampir sama dengan cashgivesaway. Namun, yang membedakannya adalah jenis hadiah yang diberikan pada pemenang kontes. Pemenang sweeptakes akan mendapatkan hadiah dari penyelenggara kontes berupa barang. Jadi, jika yang mengadakan sweeptakes adalah seller sepatu, maka hadiahnya berupa sepatu atau produk-produk lain yang masih berhubungan dengan sepatu. Sedangkan hadiah yang diberikan dalam kontes jenis cashgivesaway adalah uang tunai.
2.    Kompetisi Esai
Selain sweeptakes, kompetisi berhadiah yang biasa dilakukan di Facebook adalah kompetisi esai. Kompetisi semacam ini memang membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan sweeptakes. Namun, kontes esai akan menambah kualitas konten pada halaman Facebook seller.
Seller bisa membuat tema-tema kompetisi esai yang berhubungan dengan bidang atau produk yang dijual. Misalnya, seorang penjual parfum khusus wanita mengadakan kompetisi esai bertema ‘Wangi Parfum yang Belum Pernah Ada (dan Sebaiknya Ada)’.
3.    Kompetisi Foto
Hampir sama dengan esai, kompetisi foto akan meningkatkan kualitas konten di halaman Facebook seller. Terutama pada tampilan visualnya. Sebagian besar pengguna Facebook lebih tertarik melihat visual, baik ilustrasi gambar maupun foto.
Selain itu, penggunaan kamera yang kian masif pun mendukung adanya kompetisi foto ini. Siapapun bisa menggunakan kamera, termasuk kamera yang ada di fitur smartphone-nya.
4.    Kompetisi Video
Seller bisa menggali kreativitas fans dan followers-nya dengan mengadakan kompetisi video. Selain itu, seller dapat menggunakan fitur video di Facebook untuk mendukung kompetisi ini. Sehingga, semua peserta, fans dan juga customer bisa mengakses video yang dikompetisikan dengan mudah.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.