Crowdfunding membuka kesempatan baru bagi konsumen dan dunia bisnis. Apa sih keuntungan crowdfunding bagi bisnis UKM dan khususnya start-up inovatif?
Bagi UKM, crowdfunding itu peluang emas. Mengapa? Begini, jika
Anda adalah pemilik bisnis UKM yang berangkat dengan ide besar namun kurang
modal, crowdfunding dapat
menjadi jalan keluar yang manis untuk Anda.
Ide besar tersebut dapat Anda bagi dengan para konsumen. Apabila mereka
menyukainya, mereka dapat mengumpulkan dana untuk memulai produksi. Bukan itu
saja. Hal terpenting adalah di samping penggalangan dana, crowdfunding juga
memiliki tiga fungsi pemasaran yang krusial.
Pertama, crowdfunding dapat berfungsi sebagai perangkat riset.
Dengan memastikan seberapa banyak orang yang mendukung proyek Anda, baik
sekadar memberi ‘like‘
di Facebook atau mengunjungi website, Anda dapat mengevaluasi permintaan
potensial untuk ide-ide tersebut. Sebagai tolok ukur, Anda dapat membandingkan
hasil Anda dengan hasil proyek serupa dalam bidang yang sama.
Kedua, crowdfunding juga bisa menjadi perangkat promosi yang
handal. Orang-orang yang mencari proyek yang dapat didukung akan membaca
tentang produk Anda. Dan mereka akan melihatnya bukan sekadar sebagai sebuah
berita namun juga iklan atau peluang.
Ketiga, crowdfunding juga dapat berfungsi sebagai saluran
pemasaran, di mana Anda dapat memberi ‘penghargaan’ kepada para pendukung
dengan sampel pertama dari produk yang Anda unggulkan.
Sebuah ilustrasi berikut mungkin dapat membantu Anda memahami crowdfunding.
Sebuah proyek “arloji bambu” diluncurkan oleh start-up kecil NFNT di www.Kickstarter.com. Tujuan awal
proyek ini adalah meraih dana sebesar 11.000 dolar AS.
Dalam menarik partisipasi masyarakat, setiap sumbangan senilai 55 dolar
atau lebih akan mendapat arloji bambu dari kreator proyeknya. Sampai akhir
proyek, terkumpul dana sebesar 101.607 dolar AS. Proyek ini didukung oleh 1.185
orang dan mendapat ‘like‘ dari 1.067 orang di Facebook. Pada akhirnya, perusahaan
tersebut tak hanya mengumpulkan uang untuk proyeknya tapi berhasil menjual
1.130 unit produknya.
Jadi, jika Anda ingin meluncurkan sesuatu yang inovatif tapi Anda tidak
yakin apakah ide tersebut cukup keren atau tidak, maka Anda dapat terlebih
dahulu mencobanya melalui crowdfunding ini. Jika hasilnya ternyata
banyak yang memberi acungan jempol dan dukungan, maka Anda tidak perlu ragu
lagi mengembangkannya.
No comments:
Post a Comment
Silahkan anda berbagi di sini ....???
Note: only a member of this blog may post a comment.