Sunday 7 July 2013

Bagaimana Mengelola Toko Online yang baik

Dengan visi yang baik, anda tidak hanya melihat dengan mata tetapi juga dengan hati anda. Dan ketika anda melihat dengan hati anda, maka sesungguhnya anda telah berjalan maju. Apapun profesinya, hampir mustahil seseorang tidak mengalami tantangan dan kendala dari apa yang dilakoninya sebagai mata pencaharian. Esensi dari manajemen yang baik adalah mengijinkan orang lain tahu apa yang anda harapkan, memeriksa apa yang dilakukan dan mendukung semua hal yang telah dilakukan dengan baik. Penjual online pun termasuk ke dalamnya. Meskipun lebih praktis dari berbisnis offline, mengelola toko online bukan berarti bebas kendala dan tantangan. Ada kalanya di mana toko online sepi pengunjung. Angka penjualan produk pun tak kunjung meningkat. Kondisi-kondisi semacam inilah yang membuat seorang penjual online menemui jalan buntu dalam berbisnis sehingga merasa frustrasi, bahkan mengalami stres berkepanjangan. Bisnis artinya, berjaga jaga jangan sampai anda menjadi Orang yang cinta uang. Dalam bisnis, yang satu ini jangan dilupakan Yaitu: bayarlah kepada Kaisar apa yang Kaisar punya supaya Anda tidak menjadi batu sandungan.

Bisnis artinya, mampu mengatur Cash Flow dengan baik bukan gali lobang tutup lobang. Muncul pertanyaan, mungkinkah berbisnis online tanpa merasa frustrasi? Product developer asal Amerika Tara Gentile percaya bahwa seorang penjual sangat mungkin mengelola toko online-nya tanpa perlu mengalami stres, yaitu dengan prinsip do more with less”.Setiap kita harus mau menerima kritikan,Kita haus belajar untuk mendengarkan nasehat dari orang lain.Walaupun kita berpikir kita cukup pandai, kita masih dapat menemukan tempat untuk perbaikan. Anda tidak pernah maju hanya dengan melakukan pembalasan.

PADA DASARNYA KITA ADALAH MAHLUK SOSIAL
Pendidikan dan motivasi mencakup banyak hal, tetapi masing-masing tidak dapat berdiri sendiri.Tidak perlu merasa bisa melakukan segalanya sendirian.Tim kecil di sini tidak berarti Anda harus mempekerjakan orang lain untuk membantu Anda mengelola toko online.Jawab pangilan telepon dan surat dengan segera, tidak ada alasan untuk tidak melakukan. Orang-orang terdekat Anda seperti pasangan atau saudara dapat Anda ajak untuk ikut berkecimpung di bisnis online yang Anda rintis. Tim kecil ini akan sangat membantu Anda di saat-saat sulit, ketika bisnis mengalami kendala atau masalah. Semakin banyak orang yang Anda libatkan, semakin banyak pula “sumbangan” pemikiran tentang solusi dari masalah yang sedang dihadapi.Yang perlu Anda ingat, tim kecil di balik bisnis online tidak harus merupakan orang-orang terdekat Anda. Administrator di situs jual-beli online tempat Anda berjualan pun juga merupakan tim Anda. Secara teori,Bisnis artinya, bangunlah rasa berhargamu di dalam Tuhan bukan di atas bisnismu, bisnis online bisa dijalankan hanya dengan bermodalkan koneksi internet dan kamera untuk memotret produk. Namun pada kenyataannya, Anda memerlukan keterlibatan pihak-pihak lain agar toko online dapat didirikan, misalnya pemasok produk yang dijual di toko online Anda. Memiliki sebuah tim kecil di balik toko online Anda merupakan salah satu alternatif untuk menghindari stres saat berbisnis. Fitur-fitur dan layanan yang diberikan di situs jual-beli online bisa dikatakan sebagai “bala bantuan” saat Anda memasarkan produk. Oleh karena itu, gunakanlah fitur dan layanan yang diberikan situs jual-beli online tempat Anda berdagang. Banyak dari masalah kita dapat dibereskan apabila kita mau belajar untuk menilai orang lain dengan cara yang sama ketika kita menilai diri sendiri. Patuhilah peraturan-peraturan yang berlaku di dalamnya untuk meminimalisir munculnya kendala saat bertransaksi dengan pembeli. Jangan ragu untuk menghubungi pihak administrator atau customer service saat Anda menemui masalah.

JANGAN TAKUT MENERIMA KRITIK DAN SARAN DARI KONSUMEN
Anda perlu mengampuni mereka yang telah melukai, menyerang atau menghancurkan hidup anda, apapun bentuknya.Ketika sebuah transaksi selesai, bukan berarti Anda tidak perlu menjalin komunikasi lagi dengan pembeli. Ada baiknya Anda menghubungi pembeli untuk meminta umpan balik berupa pendapat, masukan, atau kritik tentang produk yang baru dibelinya dari toko online Anda. Berbeda dari bisnis offline, berbisnis online memudahkan Anda untuk mengetahui identitas atau minimal kontak personal pembeli. Saat memesan sebuah produk, pembeli akan menghubungi Anda via telepon, pesan singkat, media sosial, akun di situs jual-beli online, surat elektronik, atau media-media online lainnya. Secara otomatis, pembeli menghubungi Anda dari kontak personalnya untuk memesan produk.Tiga kata yang paling penting:
  • Apakah pendapat anda?
  • Bangunlah hubungan dengan baik dengan orang lain,
  • maka mereka juga akan melakukan yang sama terhadap anda.
Kita belajar untuk melakukan sesuatu dengan sengaja, tetapi kita tidak akan pernah melakukannya dengan baik sampai kita belajar untuk melakukannya dengan sepanuh hati.Di sinilah keuntungan yang Anda dapatkan sebagai penjual online. Anda tidak perlu repot-repot mencari kontak personal untuk menanyakan umpan balik tentang produk Anda. Oleh karena itu, manfaatkanlah kontak personal pembeli yang Anda punyai untuk meminta masukan tentang produk.Masukan, pujian, atau kritik dari pembeli setelah menggunakan produk Anda akan sangat berguna bagi toko online Anda. Anda mendapat gambaran tentang apa-apa saja hal yang perlu dipertahankan, dikembangkan, atau diperbaiki mengenai produk Anda. Jika ternyata pembeli tidak puas dengan produk toko online Anda, segera lakukan analisa masalah. Perbaiki produk secepatnya, sebelum pembeli meninggalkan toko online Anda satu per satu. Meminta pendapat pembeli tentang kekurangan produk meringankan kerja Anda sebagai pemilik toko online. Artinya, Anda tidak perlu stres sebab telah mengantisipasi kekurangan yang dimiliki produk, sebelum toko online Anda mengalami kerugian yang sifatnya permanen. Dengan kata lain, mengetahui keunggulan dan kekurangan produk dari sisi pembeli sangatlah membantu Anda dalam menjalankan bisnis.

PEMBELI MEMERLUKAN SENSASI PERTAMA SEPERTI DISKON SEBELUM MEMBELI LEBIH BANYAK
Satu alasan mengapa banyak orang tidak berusaha mencoba hal-hal baru adalah karena mereka takut gagal. Maksud dari poin ketiga ini, buatlah produk dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk melihat bagaimana respon pasar terhadap produk baru yang ditawarkan toko online Anda. Jika Anda menginovasikan sebuah produk, produksilah dalam jumlah yang terbatas. Pantaulah bagaimana selera dan minat konsumen terhadap produk yang baru Anda luncurkan. Ketika kita sedang berada di puncak, Itu berarti bahwa kita sedang mengalami kemajuan dan menggunakan sumber daya yang belum pernah kita gunakan sebelumnya.Terlalu banyak mengisi stok barang hanya akan membuat produk Anda mubazir, jika ternyata jumlah permintaan pembeli jauh di bawah jumlah stok. Dampaknya, Anda tidak balik modal, bahkan merugi. Anak-anak lebih memperhatikan apa yang anda lakukan dari pada apa yang anda katakan. Cara terbaik untuk menghadapi orang yang mudah tersinggung adalah dengan memberikan rasa hormat. Tentu saja kerugian akan membuat Anda merasa frustrasi dalam berbisnis. Jangan memproduksi barang baru dalam jumlah yang besar untuk menghindari kerugian. Ada kemungkinan konsumen tidak menyukai produk baru tersebut. Maka, produksilah barang baru dalam jumlah yang sedikit terlebih dahulu. Jika Anda menjalankan bisnis reselling, hindari menyetok satu jenis produk dalam jumlah yang banyak. Membeli satu jenis produk dalam jumlah besar dari pemasok akan merugikan toko online Anda, seandainya ternyata tidak banyak konsumen yang menginginkan produk tersebut. Selalu usahakan agar stok barang yang tersedia di toko online relevan atau sesuai dengan jumlah permintaan konsumen terhadap produk tersebut. Jadikan suatu kebiasaan untuk memberi pujian kepada rekan sekerja, teman dan anggota keluarga atas pekerjaan yang telah dilakukan dengan baik. Pikiran yang positif akan membuat anda melakukan segala sesuatu lebih baik dari pada pikiran yang negatif.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.