Dengan visi yang baik, anda tidak hanya melihat dengan mata tetapi
juga dengan hati anda. Dan ketika anda melihat dengan hati anda, maka
sesungguhnya anda telah berjalan maju. Apapun profesinya, hampir
mustahil seseorang tidak mengalami tantangan dan kendala dari apa
yang dilakoninya sebagai mata pencaharian. Esensi dari manajemen yang
baik adalah mengijinkan orang lain tahu apa yang anda harapkan,
memeriksa apa yang dilakukan dan mendukung semua hal yang telah
dilakukan dengan baik. Penjual online pun termasuk ke dalamnya.
Meskipun lebih praktis dari berbisnis offline, mengelola toko online
bukan berarti bebas kendala dan tantangan. Ada kalanya di mana toko
online sepi pengunjung. Angka penjualan produk pun tak kunjung
meningkat. Kondisi-kondisi semacam inilah yang membuat seorang
penjual online menemui jalan buntu dalam berbisnis sehingga merasa
frustrasi, bahkan mengalami stres berkepanjangan. Bisnis artinya,
berjaga jaga jangan sampai anda menjadi Orang yang cinta uang. Dalam
bisnis, yang satu ini jangan dilupakan Yaitu: bayarlah kepada Kaisar
apa yang Kaisar punya supaya Anda tidak menjadi batu sandungan.
Bisnis
artinya, mampu mengatur Cash Flow dengan baik bukan gali lobang tutup
lobang. Muncul pertanyaan, mungkinkah berbisnis online tanpa merasa
frustrasi? Product
developer asal
Amerika Tara Gentile percaya bahwa seorang penjual sangat mungkin
mengelola toko online-nya tanpa perlu mengalami stres, yaitu dengan
prinsip “do
more with less”.Setiap
kita harus mau menerima kritikan,Kita haus belajar untuk mendengarkan
nasehat dari orang lain.Walaupun kita berpikir kita cukup pandai,
kita masih dapat menemukan tempat untuk perbaikan. Anda tidak pernah
maju hanya dengan melakukan pembalasan.
PADA DASARNYA KITA ADALAH MAHLUK SOSIAL
Pendidikan
dan motivasi mencakup banyak hal, tetapi masing-masing tidak dapat
berdiri sendiri.Tidak perlu merasa bisa melakukan segalanya
sendirian.Tim kecil di sini tidak berarti Anda harus mempekerjakan
orang lain untuk membantu Anda mengelola toko online.Jawab pangilan
telepon dan surat dengan segera, tidak ada alasan untuk tidak
melakukan. Orang-orang terdekat Anda seperti pasangan atau saudara
dapat Anda ajak untuk ikut berkecimpung di bisnis online yang Anda
rintis. Tim kecil ini akan sangat membantu Anda di saat-saat sulit,
ketika bisnis mengalami kendala atau masalah. Semakin banyak orang
yang Anda libatkan, semakin banyak pula “sumbangan” pemikiran
tentang solusi dari masalah yang sedang dihadapi.Yang perlu Anda
ingat, tim kecil di balik bisnis online tidak harus merupakan
orang-orang terdekat Anda. Administrator di situs jual-beli online
tempat Anda berjualan pun juga merupakan tim Anda. Secara
teori,Bisnis artinya, bangunlah rasa berhargamu di dalam Tuhan bukan
di atas bisnismu, bisnis online bisa dijalankan hanya dengan
bermodalkan koneksi internet dan kamera untuk memotret produk. Namun
pada kenyataannya, Anda memerlukan keterlibatan pihak-pihak lain agar
toko online dapat didirikan, misalnya pemasok produk yang dijual di
toko online Anda. Memiliki sebuah tim kecil di balik toko online Anda
merupakan salah satu alternatif untuk menghindari stres saat
berbisnis. Fitur-fitur dan layanan yang diberikan di situs jual-beli
online bisa dikatakan sebagai “bala bantuan” saat Anda memasarkan
produk. Oleh karena itu, gunakanlah fitur dan layanan yang diberikan
situs jual-beli online tempat Anda berdagang. Banyak dari masalah
kita dapat dibereskan apabila kita mau belajar untuk menilai orang
lain dengan cara yang sama ketika kita menilai diri sendiri.
Patuhilah peraturan-peraturan yang berlaku di dalamnya untuk
meminimalisir munculnya kendala saat bertransaksi dengan pembeli.
Jangan ragu untuk menghubungi pihak administrator atau customer
service saat
Anda menemui masalah.
JANGAN
TAKUT MENERIMA KRITIK DAN SARAN DARI KONSUMEN
Anda
perlu mengampuni mereka yang telah melukai, menyerang atau
menghancurkan hidup anda, apapun bentuknya.Ketika sebuah transaksi
selesai, bukan berarti Anda tidak perlu menjalin komunikasi lagi
dengan pembeli. Ada baiknya Anda menghubungi pembeli untuk meminta
umpan balik berupa pendapat, masukan, atau kritik tentang produk yang
baru dibelinya dari toko online Anda. Berbeda dari bisnis offline,
berbisnis online memudahkan Anda untuk mengetahui identitas atau
minimal kontak personal pembeli. Saat memesan sebuah produk, pembeli
akan menghubungi Anda via telepon, pesan singkat, media sosial, akun
di situs jual-beli online, surat elektronik, atau media-media online
lainnya. Secara otomatis, pembeli menghubungi Anda dari kontak
personalnya untuk memesan produk.Tiga kata yang paling
penting:
- Apakah pendapat anda?
- Bangunlah hubungan dengan baik dengan orang lain,
- maka mereka juga akan melakukan yang sama terhadap anda.
Kita belajar untuk melakukan sesuatu dengan sengaja, tetapi kita
tidak akan pernah melakukannya dengan baik sampai kita belajar untuk
melakukannya dengan sepanuh hati.Di sinilah keuntungan yang Anda
dapatkan sebagai penjual online. Anda tidak perlu repot-repot mencari
kontak personal untuk menanyakan umpan balik tentang produk Anda.
Oleh karena itu, manfaatkanlah kontak personal pembeli yang Anda
punyai untuk meminta masukan tentang produk.Masukan, pujian, atau
kritik dari pembeli setelah menggunakan produk Anda akan sangat
berguna bagi toko online Anda. Anda mendapat gambaran tentang apa-apa
saja hal yang perlu dipertahankan, dikembangkan, atau diperbaiki
mengenai produk Anda. Jika ternyata pembeli tidak puas dengan produk
toko online Anda, segera lakukan analisa masalah. Perbaiki produk
secepatnya, sebelum pembeli meninggalkan toko online Anda satu per
satu. Meminta pendapat pembeli tentang kekurangan produk meringankan
kerja Anda sebagai pemilik toko online. Artinya, Anda tidak perlu
stres sebab telah mengantisipasi kekurangan yang dimiliki produk,
sebelum toko online Anda mengalami kerugian yang sifatnya permanen.
Dengan kata lain, mengetahui keunggulan dan kekurangan produk dari
sisi pembeli sangatlah membantu Anda dalam menjalankan bisnis.
PEMBELI
MEMERLUKAN SENSASI PERTAMA SEPERTI DISKON SEBELUM MEMBELI LEBIH
BANYAK
Satu
alasan mengapa banyak orang tidak berusaha mencoba hal-hal baru
adalah karena mereka takut gagal. Maksud dari poin ketiga ini,
buatlah produk dalam jumlah sedikit terlebih dahulu untuk melihat
bagaimana respon pasar terhadap produk baru yang ditawarkan toko
online Anda. Jika Anda menginovasikan sebuah produk, produksilah
dalam jumlah yang terbatas. Pantaulah bagaimana selera dan minat
konsumen terhadap produk yang baru Anda luncurkan. Ketika kita sedang
berada di puncak, Itu berarti bahwa kita sedang mengalami kemajuan
dan menggunakan sumber daya yang belum pernah kita gunakan
sebelumnya.Terlalu banyak mengisi stok barang hanya akan membuat
produk Anda mubazir, jika ternyata jumlah permintaan pembeli jauh di
bawah jumlah stok. Dampaknya, Anda tidak balik modal, bahkan merugi.
Anak-anak lebih memperhatikan apa yang anda lakukan dari pada apa
yang anda katakan. Cara terbaik untuk menghadapi orang yang mudah
tersinggung adalah dengan memberikan rasa hormat. Tentu saja kerugian
akan membuat Anda merasa frustrasi dalam berbisnis. Jangan
memproduksi barang baru dalam jumlah yang besar untuk menghindari
kerugian. Ada kemungkinan konsumen tidak menyukai produk baru
tersebut. Maka, produksilah barang baru dalam jumlah yang sedikit
terlebih dahulu. Jika Anda menjalankan bisnis reselling,
hindari menyetok satu jenis produk dalam jumlah yang banyak. Membeli
satu jenis produk dalam jumlah besar dari pemasok akan merugikan toko
online Anda, seandainya ternyata tidak banyak konsumen yang
menginginkan produk tersebut. Selalu usahakan agar stok barang yang
tersedia di toko online relevan atau sesuai dengan jumlah permintaan
konsumen terhadap produk tersebut. Jadikan suatu kebiasaan untuk
memberi pujian kepada rekan sekerja, teman dan anggota keluarga atas
pekerjaan yang telah dilakukan dengan baik. Pikiran yang positif akan
membuat anda melakukan segala sesuatu lebih baik dari pada pikiran
yang negatif.
No comments:
Post a Comment
Silahkan anda berbagi di sini ....???
Note: only a member of this blog may post a comment.