Suatu
hari, langit dan bumi akan berlalu termasuk bisnismu, tetapi apakah
hatimu ikut berlalu?Anda merasa memiliki ide bisnis brilian dengan
potensi luar biasa? Atau mungkin Anda memiliki insight untuk
mengatasi kendala yang sedang dihadapi? Luar biasa! Perusahaan paling
sukses saat ini pun diciptakan karena insight-insight
seperti itu.
Dibutuhkan keberanian yang besar untuk terus maju dan melakukan apa
yang dianggap benar walaupun para pengkritik berada
disekitarnya.Misalnya YouTube yang didirikan oleh Chad Hurley, Steve
Chen, dan Jawed Karim. Sebelumnya mereka adalah karyawan PayPal.
Konon, ide awal Hurley dan Chen untuk membuat YouTube muncul setelah
mereka mengalami kesulitan berbagi video yang telah mereka rekam di
sebuah pesta makan malam.
Saya pernah bertanya-tanya mengapa ada orang yang diberkati 100 kali
lipat, 60 kali lipat dan ada yang hanya 30 kali lipat dalam
bisnisnya. Jawabanya adalah: “tergantung kesuburan tanah”.Ketika
Anda berhasil memecahkan masalah Anda sendiri atau orang lain,
bagaimana Anda tahu itu memiliki peluang besar
Bisnis artinya, segala sesuatu dapat dinegosiasikan.Jika Anda
mendapatkan hikmat, maka ada masa depan dan harapanmu tidak akan
hilang. Jika hanya menjual produk, lebih baik Anda membuat dan
menyebarkannya ke pasar. Tetapi jika ingin membangun bisnis dari itu,
tentunya Anda harus memiliki pasar yang cukup besar.
Pangkal
dari kesuksesan adalah bermitra dengan Yang Maha Kuasa. Dalam bisnis
ritel, Lokasi sangat menentukan (location is numer one). Tak
seorangpun dapat menjadi kaya apabila dirinya tidak memperkaya orang
lain.Jadi pertanyaannya adalah bagaimana menentukan permintaan pasar
dari ide start-up
Anda?
- Google SEBAGAI MESIN PENCARI
Kita sedang menghabiskan kekayaan sumber alam dengan
mengekploitasinya.Kita sedang menghabiskan kekayaan potensi manusia
apabila gagal mengekploitasinya.Anda bisa mencarinya di Google.
Didiklah pelanggan tentang cara terbaik dalam menggunakan produk dan
jasa anda. Google memiliki sebagian besar jawaban yang Anda cari.
Lantas, bagaimana memanfaatkan Google untuk membantu Anda? Gunakan
Google Adword, yaitu alat untuk mencari jumlah orang yang mencari apa
yang coba Anda lakukan.
Masukkan kata kunci tertentu di kotak pencarian, pilih negara target,
dan Google akan menunjukkan jumlah rata-rata pencarian lokal dan
global bulanan. Ini adalah indikator yang baik dari
permintaan.Pikiran positif tidak akan efektif bagi orang yang
berpikir negative tentang dirinya sendiri. Lebih mudah mendapat
pelanggan dari pada mendapatkannya.
- Purwa rupa produk
Ingat! Anda bukan siapa-siapa sampai anda mengenal secara pribadi apa
itu bisnis.Guy Kawasaki mengatakan bahwa riset pasar terbaik adalah
dengan melemparkan produk pasar dan melihat apakah orang membelinya.
Rencana bisnis terbaik adalah menciptakan sesuatu yang besar dan bisa
dijual dengan cepat.Semua usaha yang berhasil memiliki kesehatian dan
dapat bekerja sebagai satu tim diantara departemen yang berbeda.
Salah
satu kegagalan pebisnis adalah mengabaikan hukum ekonomi.Jadi,
bagaimana bisa sampai ke pelanggan ketika bisnis Anda masih dalam
tahap ide? Membuat purwa rupa produk adalah jawabannya. Idenya adalah
membuat sebuah produk yang dapat mewakili ide utama start-up
atau yang memecahkan masalah inti pelanggan.
Bentuknya
bisa berupa slide
presentasi,
purwa rupa, atau hanya sebuah landing
page.
Sebuah purwa rupa dapat menjadi produk yang sebenarnya berfungsi
dengan fitur inti yang ditawarkan.Tak ada manfaatnya melakukan
sesuatu dengan baik apabila tidak seharusnya kita laukukan.
Dalam bisnis, prestasi keuangan harus menonjol, bukan berarti uang
adalah tujuannya, melainkan sarana untuk mencapai misi yang lebih
luas.Kemudian berbagilah dengan jaringan Anda dan lihat respon
mereka. Apakah mereka bersemangat untuk menggunakannya? Apakah
memenuhi kebutuhan mereka atau produk Anda mengatasi masalah mereka?
Apakah mudah untuk digunakan? Anda dapat pergi kemana anda inginkan.
Anda dapat melakukan apa yang anda inginkan. Anda dapat menjadi
seperti yang anda inginkan.Anda tidak membujuk dengan menceritakan,
tetapi dengan meminta.
- Bagaimana dengan Landing page
Orang
yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan
kebodohannya, Anda tidak (belum) memiliki produk tapi ingin pelanggan
membelinya? Landing
page
merupakan pilihan terbaik.Bantulah seseorang “secara diam-diam”,
lakukan kebaikan bagi seseorang tanpa diketahui. Buatlah teaser
atau
laman arahan promosi yang menyoroti proposisi inti dari start-up
Anda. Mintalah alamat email
mereka
dengan menawarkan imbalan atau hanya untuk memperbarui kapan start-up
diluncurkan.
Jumlah
email
pelanggan
akan menentukan berapa banyak orang yang tertarik pada start-up
Anda. Untuk meningkatkan traffic,
Anda bisa menggunakan Google Adword dan kampanye pemasaran
Facebook.Keberhasilan terjadi apabila persiapan telah dilakukan pada
saat kesempatan datang. Kemudian arahkan iklan ke laman arahan untuk
mendorong traffic.
Gunakan juga Google Search dan jaringan mitra untuk menyebarkan
kampanye tersebut.
Tentunya Anda lebih suka menghabiskan sedikit uang ketimbang
membangun produk yang tidak diinginkan pelanggan, bukan?Dalam bisnis,
adakalanya kita harus berani mundur 1 langkah demi kemajuan 3
langkah.Kereta api yang tidak berjalan di relnya, ada dalam posisi
bebas tetapi tidak berjalan kemana-mana.
- Mencoba Crowd funding
Tak
ada kesenangan, kepuasan atau sukacita yang besar dengan melakukan
sesuatu yang mudah. Bisnis artinya, banyak bergaul, banyak teman,
banyak rezeki.Crowdfunding merupakan
sarana yang sangat baik untuk produk Anda dalam mencari dana.
Platform
seperti
Kickstarter, RocketHub, Indiegogo telah mempopulerkan konsep ini.
Platform
ini
berfungsi untuk mempertemukan start-up
yang mencari dana dengan individu yang tertarik untuk berkontribusi
pada ide atau produk di internet.Dalam bisnis,Ingat!!! Mujizat hanya
dapat beroperasi bila prinsip yang anda gunakan benar.
Anda mengetahui banyak pola pikir, tingkah laku dan karakter
orang-orang yang ada disekitar anda. Karena itu bertindaklah
bijaksana., Selain mencari dana, Anda juga bisa mengetahui berapa
banyak orang yang tertarik dengan produk atau jasa tersebut.
Untuk
mendapatkan yang terbaik dari Tuhan memerlukan kesabaran sebab Tuhan
bukan tukang sulap. Ada hal-hal yang dapat anda percepat dan ada yang
tidak. Segala sesuatu indah pada waktu-Nya.Beberapa orang begitu
sempit pikirannya sehingga mereka dapat melihat melalui lubang kunci
dengan kedua mata mereka pada saat bersama. Apapun jalan yang Anda
gunakan, pastikan Anda membuat atau membangun sesuatu yang pelanggan
inginkan. Seperti apa yang dikatakan Kawasaki,Target harus
dikomunikasikan secara terus menerus. “This
isn’t rocket science. It’s mostly hard work and luck.” Dalam
bisnis, karyawan yang setia adalah karunia Tuhan oleh sebab itu
hargailah dan jangan disia-siakan.
No comments:
Post a Comment
Silahkan anda berbagi di sini ....???
Note: only a member of this blog may post a comment.