Sunday 7 July 2013

TENTANG BAGAIMANA MEMBUAT UKURAN UNTUK IDE BISNIS ANDA

Suatu hari, langit dan bumi akan berlalu termasuk bisnismu, tetapi apakah hatimu ikut berlalu?Anda merasa memiliki ide bisnis brilian dengan potensi luar biasa? Atau mungkin Anda memiliki insight untuk mengatasi kendala yang sedang dihadapi? Luar biasa! Perusahaan paling sukses saat ini pun diciptakan karena insight-insight seperti itu.

Dibutuhkan keberanian yang besar untuk terus maju dan melakukan apa yang dianggap benar walaupun para pengkritik berada disekitarnya.Misalnya YouTube yang didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Sebelumnya mereka adalah karyawan PayPal. Konon, ide awal Hurley dan Chen untuk membuat YouTube muncul setelah mereka mengalami kesulitan berbagi video yang telah mereka rekam di sebuah pesta makan malam.

Saya pernah bertanya-tanya mengapa ada orang yang diberkati 100 kali lipat, 60 kali lipat dan ada yang hanya 30 kali lipat dalam bisnisnya. Jawabanya adalah: “tergantung kesuburan tanah”.Ketika Anda berhasil memecahkan masalah Anda sendiri atau orang lain, bagaimana Anda tahu itu memiliki peluang besar

Bisnis artinya, segala sesuatu dapat dinegosiasikan.Jika Anda mendapatkan hikmat, maka ada masa depan dan harapanmu tidak akan hilang. Jika hanya menjual produk, lebih baik Anda membuat dan menyebarkannya ke pasar. Tetapi jika ingin membangun bisnis dari itu, tentunya Anda harus memiliki pasar yang cukup besar.

Pangkal dari kesuksesan adalah bermitra dengan Yang Maha Kuasa. Dalam bisnis ritel, Lokasi sangat menentukan (location is numer one). Tak seorangpun dapat menjadi kaya apabila dirinya tidak memperkaya orang lain.Jadi pertanyaannya adalah bagaimana menentukan permintaan pasar dari ide start-up Anda?

  • Google SEBAGAI MESIN PENCARI
Kita sedang menghabiskan kekayaan sumber alam dengan mengekploitasinya.Kita sedang menghabiskan kekayaan potensi manusia apabila gagal mengekploitasinya.Anda bisa mencarinya di Google. Didiklah pelanggan tentang cara terbaik dalam menggunakan produk dan jasa anda. Google memiliki sebagian besar jawaban yang Anda cari. Lantas, bagaimana memanfaatkan Google untuk membantu Anda? Gunakan Google Adword, yaitu alat untuk mencari jumlah orang yang mencari apa yang coba Anda lakukan.
Masukkan kata kunci tertentu di kotak pencarian, pilih negara target, dan Google akan menunjukkan jumlah rata-rata pencarian lokal dan global bulanan. Ini adalah indikator yang baik dari permintaan.Pikiran positif tidak akan efektif bagi orang yang berpikir negative tentang dirinya sendiri. Lebih mudah mendapat pelanggan dari pada mendapatkannya.

  • Purwa rupa produk
Ingat! Anda bukan siapa-siapa sampai anda mengenal secara pribadi apa itu bisnis.Guy Kawasaki mengatakan bahwa riset pasar terbaik adalah dengan melemparkan produk pasar dan melihat apakah orang membelinya. Rencana bisnis terbaik adalah menciptakan sesuatu yang besar dan bisa dijual dengan cepat.Semua usaha yang berhasil memiliki kesehatian dan dapat bekerja sebagai satu tim diantara departemen yang berbeda.

Salah satu kegagalan pebisnis adalah mengabaikan hukum ekonomi.Jadi, bagaimana bisa sampai ke pelanggan ketika bisnis Anda masih dalam tahap ide? Membuat purwa rupa produk adalah jawabannya. Idenya adalah membuat sebuah produk yang dapat mewakili ide utama start-up atau yang memecahkan masalah inti pelanggan.
Bentuknya bisa berupa slide presentasi, purwa rupa, atau hanya sebuah landing page. Sebuah purwa rupa dapat menjadi produk yang sebenarnya berfungsi dengan fitur inti yang ditawarkan.Tak ada manfaatnya melakukan sesuatu dengan baik apabila tidak seharusnya kita laukukan.

Dalam bisnis, prestasi keuangan harus menonjol, bukan berarti uang adalah tujuannya, melainkan sarana untuk mencapai misi yang lebih luas.Kemudian berbagilah dengan jaringan Anda dan lihat respon mereka. Apakah mereka bersemangat untuk menggunakannya? Apakah memenuhi kebutuhan mereka atau produk Anda mengatasi masalah mereka? Apakah mudah untuk digunakan? Anda dapat pergi kemana anda inginkan. Anda dapat melakukan apa yang anda inginkan. Anda dapat menjadi seperti yang anda inginkan.Anda tidak membujuk dengan menceritakan, tetapi dengan meminta.

  • Bagaimana dengan Landing page
Orang yang sabar besar pengertiannya, tetapi siapa cepat marah membesarkan kebodohannya, Anda tidak (belum) memiliki produk tapi ingin pelanggan membelinya? Landing page merupakan pilihan terbaik.Bantulah seseorang “secara diam-diam”, lakukan kebaikan bagi seseorang tanpa diketahui. Buatlah teaser atau laman arahan promosi yang menyoroti proposisi inti dari start-up Anda. Mintalah alamat email mereka dengan menawarkan imbalan atau hanya untuk memperbarui kapan start-up diluncurkan.
Jumlah email pelanggan akan menentukan berapa banyak orang yang tertarik pada start-up Anda. Untuk meningkatkan traffic, Anda bisa menggunakan Google Adword dan kampanye pemasaran Facebook.Keberhasilan terjadi apabila persiapan telah dilakukan pada saat kesempatan datang. Kemudian arahkan iklan ke laman arahan untuk mendorong traffic. Gunakan juga Google Search dan jaringan mitra untuk menyebarkan kampanye tersebut.
Tentunya Anda lebih suka menghabiskan sedikit uang ketimbang membangun produk yang tidak diinginkan pelanggan, bukan?Dalam bisnis, adakalanya kita harus berani mundur 1 langkah demi kemajuan 3 langkah.Kereta api yang tidak berjalan di relnya, ada dalam posisi bebas tetapi tidak berjalan kemana-mana.

  • Mencoba Crowd funding
Tak ada kesenangan, kepuasan atau sukacita yang besar dengan melakukan sesuatu yang mudah. Bisnis artinya, banyak bergaul, banyak teman, banyak rezeki.Crowdfunding merupakan sarana yang sangat baik untuk produk Anda dalam mencari dana. Platform seperti Kickstarter, RocketHub, Indiegogo telah mempopulerkan konsep ini. Platform ini berfungsi untuk mempertemukan start-up yang mencari dana dengan individu yang tertarik untuk berkontribusi pada ide atau produk di internet.Dalam bisnis,Ingat!!! Mujizat hanya dapat beroperasi bila prinsip yang anda gunakan benar.

Anda mengetahui banyak pola pikir, tingkah laku dan karakter orang-orang yang ada disekitar anda. Karena itu bertindaklah bijaksana., Selain mencari dana, Anda juga bisa mengetahui berapa banyak orang yang tertarik dengan produk atau jasa tersebut.

Untuk mendapatkan yang terbaik dari Tuhan memerlukan kesabaran sebab Tuhan bukan tukang sulap. Ada hal-hal yang dapat anda percepat dan ada yang tidak. Segala sesuatu indah pada waktu-Nya.Beberapa orang begitu sempit pikirannya sehingga mereka dapat melihat melalui lubang kunci dengan kedua mata mereka pada saat bersama. Apapun jalan yang Anda gunakan, pastikan Anda membuat atau membangun sesuatu yang pelanggan inginkan. Seperti apa yang dikatakan Kawasaki,Target harus dikomunikasikan secara terus menerus. “This isn’t rocket science. It’s mostly hard work and luck.” Dalam bisnis, karyawan yang setia adalah karunia Tuhan oleh sebab itu hargailah dan jangan disia-siakan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda berbagi di sini ....???

Note: only a member of this blog may post a comment.