Berbicara tentang direct marketing atau pemasaran secara langsung,
kini para pemasar sebaiknya mulai berpikir untuk menggunakan perangkat mobile.
Mengapa?
Data dari Redwing menunjukkan bahwa sebanyak 20% orang Indonesia
menggunakan ponsel pintar, 74% menggunakan ponsel fitur dan 6% menggunakan basic phones.
Diperkirakan pengguna ponsel pintar akan terus bertumbuh dan mencapai 52% pada
tahun 2017. Adapun survei Nielsen tahun 2011 menunjukkan sebanyak 48% pengguna
internet di Indonesia mengakses internet dari perangkat mobile.
Data tersebut menunjukkan besarnya peluang untuk memasarkan produk atau
jasa secara langsung melalui mobile. Berikut beberapa cara pemasaran langsung
melalui perangkat mobile.
1.
SMS
Meskipun
kini layanan chat
menjamur, tapi SMS masih bertahan. Lembaga riset Informa menunjukkan perkiraan
data jumlah pesan yang dikirim lewat aplikasi chat mencapai 50 miliar pesan per hari
dan 21 miliar pesan per hari melalui SMS.Contohnya, Planet Hollywood Resort di
Las Vegas. Mereka menjalankan kampanye SMS dalam rangka menaikkan jumlah
anggota A-List
Players Club. Kampanye tersebut berhasil meningkatkan jumlah
anggota hingga 13%.Sangat penting bagi pemasar untuk menyadari bahwa meskipun
banyak platform
messaging di luar sana, SMS bisa menjadi taktik pemasaran langsung
yang sangat berguna di masa kini. Namun, sebaiknya penggunaan SMS untuk pesan
promosi dan transaksi bernilai tinggi.
2.
Aplikasi
Mobile
Aplikasi mobile
memberikan kemudahan dibandingkan mobile browser. Dengan aplikasi mobile, akses
ke situs menjadi lebih cepat dan mudah dalam pengunduhan. Hasil survei Google
menunjukkan bahwa 67% pengguna cenderung akan membeli produk atau layanan jika
situs memberikan kemudahan.Bagi para pemasar, aplikasi mobile tak
hanya mewakili peluang untuk meningkatkan brand awareness melalui iklan, tapi juga
untuk mengumpulkan data bernilai tentang pelanggan untuk kepentingan
komunikasi.
3. Mobile usage in store
Data
econsultancy.com menunjukkan bahwa 60% pelanggan yang sedang berbelanja di
gerai, di waktu yang sama mengakses internet melalui perangkat mobile-nya
mencari informasi dan membandingkan harga dan barang dalam rangka mencari
penawaran terbaik.
Untuk
itulah, sangat penting bagi pemilik gerai untuk mengoptimalkan situsnya agar
mudah diakses melalui perangkat mobile. Data econsultancy.com mengatakan bahwa
sebanyak 40% pengguna perangkat mobile beralih ke kompetitor gerai karena
memiliki pengalaman buruk dengan akses mobile.
No comments:
Post a Comment
Silahkan anda berbagi di sini ....???
Note: only a member of this blog may post a comment.