Ada yang ingin membeli barang, tapi malu kalau beli di toko fisik.
Misalnya, membeli lingerie untuk wanita. Selain itu, ada juga orang yang
melakukan pembelian lewat internet karena merasa fun ketika melakukan transaksi
online, "Semakin lama aku berbisnis, semakin aku menyadari bahwa
urusan menjual produk atau jasa kecil kaitannya dengan produk atau jasa itu
sendiri," kata Paul Spiegelman, pendiri dan CEO BerylHealth, sebuah
perusahaan yang bergerak di jasa pelayanan medis. Menurutnya, menjual adalah
tentang membangun hubungan kepercayaan. Dan salah satu cara membangun hubungan
kepercayaan yang ia lakukan adalah dengan cara menemukan kesamaan.
Masalah yang ia hadapi adalah Beryl merupakan perusahaan yang masih
terhitung kecil di tengah-tengah pasar industri kesehatan. Dan ia mendapati
bahwa mendekati para "level C", alias Chief atau Direktur, rasanya seperti
berjalan menuju acara makan malam di Gedung Putih tanpa undangan. Rasio
keberhasilannya kecil. Bahkan lebih besar kemungkinannya digelandang oleh
petugas keamanan ke pintu keluar.
Ada tiga jenis karakteristik pembeli mengatakan di dunia jual beli online
:
- Connected Customer Pembeli yang termasuk ke dalam kategori connected customer biasanya wanita, memiliki gadget mumpuni, dan tak bisa lepas dari penggunaan gadget tersebut. Selain itu, kelompok ini terbiasa melakukan transaksi pembelian lewat internet dalam frekuensi yang tinggi. strategi yang tepat untuk menggapai calon pembeli jenis ini adalah dengan membuat website toko online yang lebih ramah dan mudah digunakan. Misalnya, dengan membuat versi mobile-nya agar mereka mudah mengakses dari gadget yang mereka miliki. “Gunakan fitur-fitur yang mudah agar (mereka) mudah mengakses website. Strategi cross selling juga bisa digunakan supaya mereka betah berlama-lama mengakses situs tersebut,”.
- Discount Hunter Orang-orang yang termasuk ke dalam tipe ini adalah orang yang akan berbelanja jika ada diskon atau promo yang diselenggarakan toko online. Selain itu kelompok pembeli yang satu ini jauh lebih mudah meninggalkan satu toko online dan berpindah ke toko online lain dengan alasan harga yang ditawarkan jauh lebih murah.“Untuk pembeli dengan karakteristik discount hunter, cara marketing yang paling disarankan adalah mengadakan promo dengan waktu yang sesingkat-singkatnya,” jelas perempuan yang kini menjabat sebagai Business Development di Seaquint Indonesia.
- Social Butterfly Kelompok social butterfly memiliki kecanduan berlebih lewat media sosial. Bahkan, pembelian produk lewat toko online bisa disebabkan karena orang-orang dari kelompok ini mengetahui informasi tentang sebuah produk dari media sosial, seperti Twitter dan Facebook. “Orang-orang (social butterfly) ini kalau mau beli barang harus nanya dulu di Twitter atau di social media mana, ‘eh kira-kira bagusan produk A atau produk B ya?’. Dan, mereka akan membeli produk yang memiliki review positif paling banyak dari lingkungan media sosialnya,”.Jurus promosi paling tepat untuk meng-gaet kelompok pembeli dengan karakteristik ini adalah dengan mengadakan promo lewat media sosial. Misalnya, penjual bisa mengadakan promo tweet berhadiah alias setiap ada tweet promosi yang dihasilkan oleh pembeli, maka si pembeli tersebut akan mendapatkan hadiah.
PERLU DI GARIS BAWAHI
Masalah lain adalah bandwidth (Data Transfer atau Site
Traffic), atau secara awamnya bisa dikatakan sebagai limit maksimum diperbolehkannya
data keluar/masuk halaman blog/web kita dalam satu bulan. Ini hampir sama
dengan batas/quota jumlah maksimum pengunjung yang bisa masuk ke web kita. Di
kebanyakan tempat hosting, bandwidth ini dibatasi, bisa 1 GB, atau 3 GB. Makin
besar jumlah GB, maka sewa hosting kita semakin mahal. Jelas ini masalah besar.
Sebab sering terjadi karena kebetulan pengunjung ke web atau blog kita lagi
banyak, baru saja di tengah bulan, quota bandwidth itu sudah habis, sehingga
pengunjung nggak bisa lagi akses ke web tsb. Maka terpaksa kita harus Upgrade,
dan ini 'kan berarti harus keluar biaya lagi.
No comments:
Post a Comment
Silahkan anda berbagi di sini ....???
Note: only a member of this blog may post a comment.